Sejumlah Pohon Besar di Bogor Tumbang Akibat Hujan Deras
Petugas evakuasi pohon besar tumbang di Bogor/ Foto: Antara

Bagikan:

BOGOR - Beberapa pohon besar tumbang semasa hujan mengguyur Kota Bogor di Provinsi Jawa Barat pada Sabtu malam, 11 Februari dan Minggu pagi, 12 Februari.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas mengatakan bahwa hujan menyebabkan tiga pohon besar roboh ke badan jalan di tiga lokasi.

Ia mengatakan, pada Sabtu pukul 23.20 WIB hujan menyebabkan pohon tumbang di depan Gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Bogor di Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah.

Pada Minggu dini hari, menurut dia, juga ada masing-masing satu pohon besar yang tumbang di Jalan Budi Agung, Kelurahan Kedungbadak, Kecamatan Tanah Sareal, serta Jalan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan.

Theofilo mengatakan, pohon yang tumbang rata-rata diameter batangnya 30 cm sampai 40 cm dan tingginya delapan sampai 12 meter.

Menurut dia, lalu lintas kendaraan di bagian-bagian jalan yang terdampak pohon tumbang sempat terganggu.

Namun, ia mengatakan, petugas BPBD segera membersihkan batang dan ranting pohon yang tumbang di jalan sehingga lalu lintas di bagian-bagian jalan tersebut tidak lagi terganggu.

"Beruntung tidak ada korban luka ataupun korban jiwa," katanya.

"Petugas juga langsung mendatangi lokasi, stand by sejak malam. Kita berharap tidak ada lagi kejadian serupa," ia menambahkan.