Sejam Hujan Deras, Bogor Dikepung Bencana dan BPBD Catat 24 Kejadian
Pohon setinggi 15 meter tumbang di Jalan di Gunungbatu, Bogor Barat, Kota Bogor, Selasa 31 Oktober (dok BPBD)

Bagikan:

BOGOR - Kota Bogor dan sekitarnya kembali dikepung bencana akibat cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang pada Selasa, 31 Oktober 2023. Durasi hujan cukup singkat sekitar satu jam pada Selasa sore.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat ada 24 kejadian bencana di Kota Bogor akibat cuaca ekstrem, mulai dari pohon tumbang hingga rumah ambruk.

Kepala BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas mengatakan bahwa dari 24 kejadian bencana akibat cuaca ekstrem, paling banyak terjadi pohon tumbang sebanyak 15 kejadian.

Adapun 15 kejadian tersebut, kata Theo, 12 kejadian di wilayah Kecamatan Bogor Barat sedangkan 3 kejadian lainnya di wilayah Tanahsareal.

"Selain itu, ada juga dampak dari angin kencang yang mengakibatkan sejumlah fasilitas umum maupun pemukiman warga terkena imbasnya. Dampak angin kencang ini terjadi di 9 lokasi yakni di wilayah Kecamatan Bogor Barat, Bogor Tengah dan Tanah Sareal," jelasnya.

Theo pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Apalagi dalam cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang untuk berlindung di tempat yang memang tidak rawan bencana.

"Jangan berdiam di area yang banyak pohon, khawatir terjadi pohon tumbang. Lebih baik ke tempat yang lebih aman," kata Theo.