Juara Bertahan RB Leipzig Tersingkir di Piala Jerman, Wolfsburg Lolos
Pemain Wolfsburg menyambut suporter usai kemenangan 1-0 atas RB Leipzig di Piala Jerman. (Twitter @Vfl_Wolfsburg)

Bagikan:

JAKARTA - Juara bertahan RB Leipzig sudah langsung tersingkir di babak awal Piala Jerman atau DFB-Pokal. Dalam duel melawan tim sesama Bundesliga Jerman di Stadion Volkswagen Arena, Rabu, 1 November dini hari WIB, tuan rumah Wolfsburg menang 1-0 atas Leipzig dan melaju ke babak ketiga.

Leipzig yang sudah dua kali berturut-turut merengkuh Piala Jerman gagal mencetak hat-trick juara. Pada edisi 200/2021, klub yang baru berdiri pada 2009 ini sesungguhnya juga mencapai final.

Namun mereka gagal menjadi juara setelah dipaksa menyerah oleh Borussia Dortmund. Leipzig menjadi juara untuk kali pertama dengan menaklukkan Freiburg dan kemudian Eintrcht Frankfurt.

Dalam upaya mempertahankan gelar di Piala Jerman, Leipzig yang saat ini menduduki peringkat enam Bundesliga harus mengakui keunggulan Wolfsburg.

Di kompetisi domestik, Wolfsburg sendiri berada di posisi sembilan. Performa tim asuhan Niko Kovac di kompetisi mengalami penurunan karena menelan empat kekalahan dari lima laga terakhir. Ini menjadikan Wolfsburg tertahan di papan tengah.

Klub tersebut juga sudah lama tak pernah meraih trofi di DFB-Pokal. Mereka selalu gagal melewati babak perempat final sejak terakhir kali menjadi juara pada 2015.

Tampil di kandang sendiri saat melawan juara bertahan, Wolfsburg justru mampu menunjukkan performa terbaik. Mereka langsung tancap gas dan berusaha menekan lawan.

Hasilnya tak sia-sia. Tuan rumah sukses menjebol gawang lawan melalui gol cepat Vaclav Cerny. Dirinya menyambut assist Tiago Tomas dan kemudian melepaskan tendangan keras ke gawang Leipzig di menit 14.

Ini menjadi gol pertama Cerny yang baru bergabung dengan Wolfsburg di awal musim ini. Skor 1-0 untuk Wolfsburg bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, tuan rumah tetap tampil ofensif sehingga Leipzig mengalami kesulitan. Mereka gagal mengembangkan permainan secara maksimal dan tak kunjung menemukan irama permainannya.

Apalagi Leipzig kemudian kehilangan seorang pemain, Yussuf Poulsen, yang menerima kartu kuning kedua dan berujung kartu merah di menit 56.

Praktis dengan 10 pemain, mereka tak bisa mengimbangi permainan apik tuan rumah. Sampai akhir laga, skor tetap 1-0 untuk Wolfsburg.