Stadion Gelora Bung Tomo Jadi Venue Pembukaan Piala Dunia FIFA U-17, Pasokan Listrik Dipastikan Aman
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pembukaan Piala Dunia U-17 2023 bakal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 10 November mendatang. Berlangsung meriah, pasokan listrik yang didistribusikan ke stadion dipastikan aman dan stabil.

Hal tersebut dipastikan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim). Berdasarkan keterangan Agus Kuswardoyo selaku General Manager PLN UID Jatim, pihaknya juga akan menghadirkan Mini Scada Mobile sebagai pusat monitoring kondisi kelistrikan secara mobile atau bergerak.

Dengan Mini Scada Mobile, pemantauan kondisi pasokan listrik dapat dilakukan berpindah-pindah, real time, dan lebih dekat dengan pelanggan.

"Kehadiran Mini Scada Mobile diharapkan mendukung event-event nasional maupun internasional. Khususnya dalam waktu dekat menyambut Piala Dunia U-17 yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT),” ujar Agus Kuswardoyo dalam keterangan yang diterima Selasa, 31 Oktober.

Selama Piala Dunia U-17 2023 berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember, pasokan listrik di Stadion GBT sebagai salah satu venue akan sepenuhnya disuplai oleh PLN. Untuk memastikan kepancarab, PLN telah menyiapkan personel dan peralatan untuk mendukung keandalan pasokan listrik.

Tercatat setidaknya 180 personel telah disiapkan. Tersedia juga backup power berupa UPS sebanyak 9 unit (2.200 kVA) dan genset 14 unit (6.100 kVA).

“PLN memberikan layanan tanpa kedip melalui skema Zero Down Time (ZDT) dengan skema pengamanan 3 lapis dan seluruh persiapannya sudah 100 persen,” jelas Adi Priyanto Direktur Distribusi PT PLN (Persero).

Tidak hanya di Stadion GBT sebagai venue utama, PLN juga telah menyiapkan kesiapan kelistrikan untuk tiga lokasi lain yang menjadi venue latihan, yakni Lapangan THOR, Stadion Gelora 10 Nopember dan Lapangan ABC Kompleks Stadion GBT.

Dari sisi fasilitas dan lapangan, FIFA selaku penyelenggara telah memberikan pernyataan kelayakan pada Indonesia selaku tuan rumah. Namun disamping itu, ada hal lain yang juga perlu diantisipasi seiring berjalannya Piala Dunia U-17.

“Kalau dari FIFA, untuk fasilitas lapangan dan pendukung, kita sudah diberi dua jempol. Tapi jangan jumawa, kita nanti harus antisipasi keamanan, kemacetan, dll. Ini jadi penilaian dari FIFA sendiri,” kata Erick Thohir, Ketua Umum PSSI.