Arab Saudi Jadi Kandidat Kuat Tuan Rumah Piala Dunia FIFA 2034
Ilustrasi stadion Arab Saudi jadi calon tuan rumah Piala Dunia 2034/INSTAGRAM

Bagikan:

JAKARTA – Arab Saudi menjadi kandidat terkuat tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 setelah Federasi Sepak Bola Australia (FA) mundur dari penawaran calon tuan rumah.

Australia menarik diri dari pencalonan pada hari Selasa, 31 Oktober 2023. Langkah ini agar mereka fokus bidding tuan rumah Piala Asia Putri 2026 dan Piala Dunia Antarklub 2029.

"Kami yakin kami berada dalam posisi yang kuat untuk menjadi tuan rumah kompetisi internasional wanita tertua di dunia, Piala Asia Wanita AFC 2026," tulis FA dalam pernyataan mereka, dikutip Reuters.

"Dan kemudian [siap untuk] menyambut tim-tim terhebat di dunia sepak bola untuk Piala Dunia Antarklub FIFA 2029," tulis lanjutan dari pernyataan tersebut.

Keputusan Australia untuk mundur dari pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034 otomatis menjadikan Arab Saudi sebagai satu-satunya negara yang ikut tender ajang bergengsi empat tahun tersebut.

Arab Saudi memberikan penawaran beberapa menit setelah badan sepak bola internasional FIFA membuka peluang pada 4 Oktober lalu dengan memprioritaskan negara-negara dari Asia dan Oseania.

Australia di sisi lain ingin ikut mengajukan diri untuk tuan rumah bersama dengan Selandia Baru. Indonesia kemudian mengklaim telah membangun diskusi dengan Australia untuk menjadi tuan rumah bersama dengan Malaysia dan Singapura.

Meski begitu, seminggu kemudian Indonesia mengeluarkan pernyataan baru yang mendukung Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah ajang paling bergengsi di dunia tersebut.