Presiden FIFA, Gianni Infantino Umumkan Arab Saudi  Tuan Rumah Piala Dunia 2034
Presiden FIFA, Gianni Infantino mengumumkan Arab Saudi tuan rumah Piala Dunia 2034 (fotoL instagram @gianni_infantino)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden FIFA, Gianni Infantino mengumumkan bahwa gelaran Piala Dunia 2034 bakal resmi bergulir di Arab Saudi. Petinggi Federasi Sepak Bola dunia itu juga menyatakan bahwa proses pengajuan Arab Saudi sebagai tuan rumah telah disetujui FIFA dan perwakilan keenam konfederasi.

Kabar dipilihnya Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia edisi 2034 disampaikan langsung oleh Gianni Infantino lewat akun pribadi sosial medianya. Dalam Unggahan Rabu, 1 November dini hari WIB, Infantino menjelaskan bahwa tiga edisi Piala Dunia ke depan, yakni edisi 2026, 2030, dan 2034 akan berlangsung di lima benua dan 10 negara.

“Acara terakbar di dunia akan diselenggarakan di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat pada tahun 2026 di Amerika Utara. Dua edisi berikutnya Piala Dunia FIFA akan diselenggarakan di Afrika (Maroko) dan Eropa (Portugal dan Spanyol) dengan tiga pertandingan selebrasi dimainkan di Amerika Selatan (Argentina, Paraguay, dan Uruguay pada tahun 2030 dan di Asia (Arab Saudi) pada tahun 2034,” tulis Infantino dalam keterangan tertulis.

“Tiga edisi, lima benua, dan sepuluh negara terlibat dalam pementasan pertandingan di turnamen tersebut. Itulah yang menjadikan sepak bola benar-benar mendunia,” sambungnya.

Infantino juga mengatakan bahwa proses pengajuan semua tuan rumah telah disetujui oleh FIFA dan keenam konfederasi. Pria berusia 53 tahun ini menyambut baik gelaran Piala Dunia yang akan digelar pada lima benua dalam tiga edisi ke depan, dimana menurutnya hal itu menjadi bukti positif bahwa sepakbola bisa menyatukan dunia.

“Proses penawaran disetujui melalui konsensus melalui Dewan FIFA, di mana keenam konfederasi terwakili. Setelah dialog konstruktif dan konsultasi ekstensif. Terima kasih kepada semua orang yang telah berpartisipasi dalam pertukaran positif ini,” imbuhnya.

“Sepak bola menyatukan dunia tidak seperti olahraga lainnya dan Piala Dunia FIFA adalah pertunjukan yang sempurna untuk menyampaikan pesan persatuan dan inklusi, serta memberikan ilustrasi penting tentang bagaimana budaya yang berbeda dapat bersatu dan dapat belajar serta lebih memahami satu sama lain,” lanjutnya.

“Saat kita hidup di dunia yang semakin terpecah dan agresif, kami sekali lagi menunjukkan bahwa sepak bola, olahraga global terkemuka, dapat bersatu dengan sangat baik. Kita semua membutuhkan momen persatuan ini dan Piala Dunia FIFA yang akan datang memberikan kekuatan unik untuk kebaikan dalam hal ini,” tambah Infantino.

Arab Saudi sebelumnya memang sudah resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Sebelum negara kaya ini mengajukan diri, ada  Australia yang juga tertarik untuk menjadi penyelenggara agenda sepakbola akbar empat tahunan itu. Namun diketahui, mereka menyatakan mundur dari proses bidding yang telah dilakukan.