Raih Ballon d’Or Messi Rupanya Tak Dapat Hadiah dari Penyelenggara, Begini Skema Apresiasinya
Pemain timnas Argentina dan Inter Miami, Lionel Messi, memenangi Ballon d'Or 2023. (Foto: Twitter/@ballondor)

Bagikan:

JAKARTA - Lionel Messi meraih penghargaan individu bergengsi, Ballon d’Or yang kedelapan kali dalam sejarah kariernya. Dari penghargaan itu, Messi mendapat trofi bola emas sebagai bukti kinerjanya di atas rumput hijau.

Layaknya ajang penghargan, Ballon d’Or memang memberikan trofi sebagai simbol kemenangan pada nominator. Tapi berbeda dengan penghargaan yang pada umumnya memberikan hadiah pada pemenang, Ballon d’Or justru sebaliknya.

Untuk penghargaan ini pihak penyelenggara tak memberikan hadiah uang secara langsung kepada para pemenang. Lantas bagaimana skema apresiasi yang berlaku di Ballon d’Or?

Dikutip dari Sportskeeda, Selasa 31 Oktober diketahui bahwa pemenang Ballon d’Or hanya mendapat replika bola emas. Meski material pembuatnya tak berasal dari emas keseluruhan, tapi trofi itu cukup berharga.

Trofi berbentuk bola emas seberat tujuh kilogram itu dibuat dengan bahan utama lilin seberat dua kilogram. Sedangkan lima kilogram sianya adalah berat bahan pelapis yang terbuat dari emas 18 karat dengan biaya pembuatan hingga 3 ribu euro (Rp50,6 juta).

Untuk hadiah apresiasi berupa uang, justru diberikan oleh sponsor atau pihak klub bukannya pihak Ballon d’Or. Hal itu karena Ballon d'Or adalah penghargaan bergengsi, sponsor atau klub dari pemain yang memenangi Ballon d'Or bakal memberi apresiasi berupa bonus tambahan.

Sejauh ini pemberian bonus kepada pemain yang memenangi penghargaan Ballon d'Or biasanya sudah tercantum dalam kontrak.

Melihat ke belakang, jumlah bonus yang diberikan pihak sponsor untuk pemenang Ballon d’Or ternyata tak main-main. Bonus pemenang Ballon d'Or sebanyak 800 ribu euro (Rp135 juta) pernah dirasakan Luka Modric.

Uang apresiasi itu diterima Modric dari Nike sebagai sponsor utama. Momen tersebut terjadi ketika pemain Kroasia ini menjadi pemenang Ballon d’Or pada edisi 2018.

Sementara Karim Benzema yang menjadi pemenang Ballon d'Or tahun lalu mendapat bonus 2 juta euro (Rp33 miliar) dari klubnya saat itu, Real Madrid.

Di sisi lain Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pemain bintang juga memiliki klausul bonus 4 juta euro (Rp67 miliar) jika ia berhasil menjadi pemenang Ballon d'Or, begitu pula Karim Benzema.

Untuk bonus yang didapatkan Lionel Messi dari kemenangannya dalam penghargaan Ballon d’Or, hingga saat ini masih belum dirilis baik soal jumlah atau sumber yang memberikannya.