Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengeluarkan pernyataan terkait kabar Indonesia menjajaki kemungkinan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama Arab Saudi.

Kabar ini muncul dari pernyataan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Dia mengatakan, Indonesia akan berusaha menjalin kerja sama dengan Arab Saudi.

"Ini kami lagi mengikuti perkembangan, tetapi memang apa yang positioning Indonesia itu, yang bapak Presiden (Joko Widodo) inginkan, kita minimal menjadi co-host (tuan rumah bersama)," ujar Dito.

Politisi muda Partai Golkar itu kemudian mengatakan, Presiden Jokowi akan bertolak ke Arab untuk menemui Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS). "Salah satu topik yang (akan dibicarakan dengan) Raja MBS (adalah tuan rumah bersama). Semoga ini akan kami update," kata Dito.

Namun, Erick Thohir mengeluarkan pernyataan yang berbeda. Dia mengatakan, Indonesia tak membidik tuan rumah Piala Dunia 2034, tapi setelah tahun 2034.

Dia menegaskan, Indonesia hanya akan memberikan dukungan untuk Arab Saudi yang sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

"Indonesia mendukung Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Di sisi lain Indonesia terus mempersiapkan diri untuk bidding World Cup berikutnya untuk zona Asia setelah 2034 dan kompetisi FIFA lainnya," ujar Erick dalam laman resmi PSSI.