Politikus PDIP Sindir Koalisi Perubahan, Bicara Perubahan Tapi Gagasan Besarnya Tidak Ada
Politikus PDI-P Masinton Pasaribu (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Politikus PDIP Masinton Pasaribu, menyindir Koalisi Perubahan yang diinisiasi Partai NasDem, Demokrat dan PKS. Dia heran koalisi yang tengah dimatangkan tiga parpol itu bernama perubahan, namun ide dan gagasan besar terkait perubahannya justru tidak ada. 

"Kalau kita bicara yang namanya perubahan, koalisinya ada, tapi ide perubahannya enggak ada. Ini yang unik di Republik ini, koalisinya bicara perubahan, tapi ide perubahannya enggak ada," ujar Masinton diskusi Polemik Trijaya bertajuk 'Tarik Menarik Safari Politik' secara daring, Jumat, 10 Februari.

Seharusnya, kata Masinton, partai politik yang tergabung dalam koalisi tersebut terlebih dulu menyamakan ide-ide yang tujuannya demi perubahan Indonesia. Baru setelah itu, membangun koalisi bernama Koalisi Perubahan. 

Sebab, kata dia, publik akan bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan perubahan sebagai ide besar koalisi. 

"Harusnya disamakan dulu ide perubahannya, baru membangun koalisinya. Nah, ini kita enggak tahu perubahannya soal apa, publik tidak disuguhkan perubahan apa sih, bagaimana ide besar koalisi perubahan? Apa yang ingin diubah?," ungkapnya.

"Kalau cuma ngomong perubahan tapi tidak ada konsepsi gagasan besar perubahannya, ya publik kan bisa melihat gitu loh," tambah Masinton.

Kendati demikian, Masinton menilai, saat ini komunikasi dalam koalisi yang dibangun sejumlah parpol masih dalam tahap penjajakan saja. Meskipun sudah muncul tiga koalisi yakni Koalisi Perubahan yang belum dideklarasikan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

 

"Kalau kita lihat sudah ada koalisi paten atau engga, kan masih penjajakan saja. Jadi kalau PDIP berkoalisi dengan siapa itu nyantai saja, komunikasi tetap dibangun," katanya.