Bukan Cuma Pamer Rudal Nuklir, Korea Utara Juga Kasih Unjuk Pasukan Khusus dan Alusistanya
Seluruh foto-foto dalam artikel ini diambil dari media pemerintah KCNA

Bagikan:

JAKARTA - Korea Utara bukan cuma memamerkan belasan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang mampu membawa hulu ledak nuklir berukuran besar. Namun di malam hari parade militer, Korut juga memberitahu dunia tentang kekuatan militernya.

Malam itu menandai peringatan 75 tahun berdirinya Tentara Rakyat Korea, dihadiri langsung Kim Jong-un beserta istrinya Ri Sol-ju dan sang putri Ju Ae.

Meski ada sanksi Dewan Keamanan PBB, program rudal balistik Korea Utara diketahui terus berjalan, dengan tahun lalu meluncurkan puluhan rudal canggih sekaligus menjadi rekor terbanyak dalam setahun.

"Kali ini, Kim Jong Un membiarkan kekuatan rudal taktis dan jarak jauh Korea Utara berbicara sendiri," kata Leif-Eric Easley, seorang profesor dari Universitas Ewha di Seoul, Korea Selatan, melansir Reuters 9 Februari.

"Pesan yang ingin dikirim Pyongyang secara internasional, menunjukkan kemampuannya untuk mencegah dan memaksa, kemungkinan akan datang dalam bentuk uji coba rudal berbahan bakar padat dan peledakan perangkat nuklir mini," sambungnya.

Bagaimana kekuatan militer Korut, bisa dilihat dari foto-foto di bawah ini: