Tak Usah Lagi Toleran dengan KKB, DPR: Ambil Langkah Tegas!
Aksi pasukan keamanan RI menampilkan produk peralatan pertahanan dan keamanan dalam negeri. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mendesak TNI dan Polri berani menindak tegas teror yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Dia meminta satuan TNI-Polri tidak lagi memberi ruang dialog terhadap KKB yang tindak terakhirnya menyandera warga sipil dan membakar pesawat perintis.

"Saya pikir toleransi sudah cukup. Harus ambil langkah tegas," kata politisi Partai Gerindra ini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 8 Februari dikutip dari Antara.

Dasco mengutuk keras teror KKB di Papua yang dianggap sebagai cara-cara yang tidak berperikemanusiaan.

Dia memastikan lembaganya terus mendukung langkah TNI-Polri menegakkan hukum terhadap kelompok teroris tersebut. Dia meminta TNI-Polri harus melindungi warga Papua.

"DPR RI mendukung penuh upaya-upaya pemerintah dan aparat penegak hukum untuk menegakkan hukum di Papua," katanya menegaskan.

Sebelumnya, Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya pada Selasa (7/2), membakar pesawat jenis Pilatus Porter milik Susi Air yang dikemudikan Philip Merthens asal Selandia Baru dengan membawa lima orang penumpang, termasuk seorang bayi.

Tindakan pembakaran itu dilakukan sejumlah anggota KKB di Lapangan Terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/2) pagi.

Pesawat milik Susi Air itu terbang dari Timika pukul 05.33 WIT dan dijadwalkan tiba di Bandara Moses Kilangin Timika pukul 07.40 WIT.