Komisi XI DPR RI Cek Pemerataan Pembangunan di Kalsel
Wakil Ketua Komisi XI DPR Fathan saat foto bersama usai mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi XI DPR RI ke Banjarmasin, Kalsel, Kamis 2 Februari. (Fitri DPR RI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi XI DPR Fathan mengaku optimistis atas capaian pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Terdapat penurunan angka kemiskinan di wilayah tersebut yang mencapai 5,4 persen.

"Dari monitoring proyek-proyek strategis nasional bersama Kemenkeu, Bappenas, Pemprov Kalsel, Bappeda, kita optimistis karena ternyata (dibandingkan) pertumbuhan ekonomi nasional, (pertumbuhan ekonomi) Kalsel mulai merangkak bagus dan juga tingkat kemiskinan yang sudah berhasil ditekan sebesar 5,4 persen," kata Fathan saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi XI DPR RI ke Banjarmasin, Kalsel, Kamis 2 Februari.

Menurutnya, sektor infrastruktur strategis yang saat ini menjadi proyek strategis nasional akan menjadi salah satu faktor kunci penunjang pertumbuhan ekonomi serta sebagai upaya pemerataan pembangunan. Beberapa proyek strategis nasional itu adalah pengembangan Bandara Syamsuddi Noor, pembangunan jalan dan jembatan, serta sejumlah rumah sakit.

Ia berkeyakinan dengan adanya pemerataan pembangunan serta munculnya kawasan industri di Kalsel, pertumbuhan ekonomi serta angka kesejahteraan masyarakat setempat akan meningkat.

Hal itu seiring dengan terciptanya banyak lapangan kerja baru dan kemudahan akses jalan. Politisi Fraksi PKB itu pun berkomitmen untuk mendukung berbagai upaya positif dari Pemerintah maupun stakeholder dalam pemerataan dan pengembangan pembangunan suatu kawasan.

"Nah dengan kehadiran PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dari sisi pembiayaan, kita dorong Kalsel menjadi daerah maju berbasis industri dan juga daerah yang bisa sama tampil dengan daerah lain," tutur anggota Komisi XI DPR RI