Bertemu Akhir Pekan Ini, KIB Dinilai Belum Putuskan Nama Capres Karena Tunggu PDIP
Pimpinan parpol Koalisi Indonesia Bersatu (DOK FOTO: ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan Partai Golkar, PAN dan PPP akan melakukan pertemuan akhir pekan ini. Rencananya, pertemuan itu akan membahas terkait calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). 

Direktur Indonesian Politics Research & Consulting, Firman Manan, menilai KIB belum akan mengumumkan capres yang akan diusung pada Pilpres 2024 dalam waktu dekat ini. Padahal banyak pihak yang menunggu langkah politik KIB.

“Kalau konsisten dengan komitmen awalnya, KIB tidak akan buru-buru menetapkan capres,” ujar Firman di Jakarta, Jumat, 3 Februari. 

Dosen Universitas Padjadjaran ini mengatakan, KIB masih menunggu sinyal atau pengumuman dari PDIP, serta arahan dari presiden Joko Widodo. Seperti partai politik lainnya, dalam hal ini koalisi Gerindra dan PKB. 

“KIB sepertinya tetap menunggu sinyal dari PDIP dan presiden, karena sejauh ini masih bersikap loyal sebagai anggota koalisi pendukung pemerintah. Apalagi untuk capres, justru KIB kelihatannya yang paling cair, belum mengerucut ke kandidat tertentu,” jelas Firman.

Diketahui, saat ini Koalisi Perubahan yang diinisiasi Partai NasDem, Demokrat, dan PKS bersepakat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Sementara, Gerindra dan PKB berencana akan mengumumkan capres sebelum Ramadan. 

Firman mengatakan, semua koalisi atau parpol masih menunggu PDIP bergerak. Karena koalisi-koalisi parpol ingin melihat siapa lawan dari capres yang diusungnya.   

“Makanya keputusan Ibu Mega yang paling ditunggu. Karena akan menentukan manuver dari partai-partai lain, dan kemungkinan format koalisi termasuk potensi jumlah paslon yang akan maju di pilpres,” kata Firman.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia, membenarkan KIB akan melakukan pertemuan pada Sabtu esok hari. Sedangkan waktu pertemuan, belum diketahui. 

"Sabtu kayaknya," kata Doli, Kamis, 2 Februari. 

Namun, Ketua Komisi II DPR itu mengaku belum mengetahui di mana lokasi pertemuan elite Golkar, PAN dan PPP berlangsung. 

"Saya belum tahu di mana ya. Kan pertemuannya bisa informal, bisa formal. Kalau pertemuannya informal, KIB kita jalan terus," ungkap Doli. 

Meski begitu Doli memastikan pada akhir pekan ini akan dilakukan pertemuan anggota KIB. Hanya saja, dia kurang mengetahui siapa saja yang hadir.  

"Iya (ada pertemuan, red), dan seberapa besar maksudnya melibatkan siapa (kurang tahu)," katanya.