Kasih Wejangan ke Walkot Medan Bobby Nasution, Ridwan Kamil: Bangun Kota itu Bertahap
[Ridwan Kamil dan Bobby Nasution saat akan menaiki motor listrik buatan Indonesia || Dokumentasi: Istimewa]

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meyakini Wali Kota Medan Bobby Nasution bisa membawa perubahan bagi kota yang dipimpinnya. Namun, ia mengingatkan ada proses yang harus dilakukan sebelumnya.

Hal ini disampaikan eks Wali Kota Bandung itu saat bertemu Bobby Nasution pada Rabu, 1 Februari kemarin. Ridwan optimis dengan melibatkan anak muda, Bobby bisa mengubah Kota Medan meskipun semua harus dilakukan secara bertahap.

"Membangun kota tuh kan bertahap. Jangan menganggap disulap dalam lima tahun beres, enggak," kata Ridwan dalam kunjungan itu.

Dalam kesempatan itu, Ridwan juga sempat diajak Bobby berkeliling Kota Medan menggunakan motor listrik buatan dalam negeri. Dirinya mengapresiasi karena hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk memanfaatkan energi terbarukan.

Lebih lanjut, Ridwan mengatakan dirinya mendukung penuh upaya migrasi dari kendaraan berbahan bakar minyak ke listrik sebagai Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET). Bahkan, dia menjadi salah satu kepala daerah yang sudah memberikan contoh.

"Saya gubernur yang mobil dinasnya sudah mobil listrik," ungkap Ridwan.

Ridwan juga menyebut kampanye penggunaan energi terbarukan, seperti kendaraan listrik selalu dilakukannya setiap berkeliling ke provinsi lain.

Dengan menggunakan kendaraan listrik, misalnya, masyarakat bisa lebih hemat hingga 30 persen dibanding kendaraan dengan bahan bakar minyak.

Selain itu, semakin banyak kendaraan listrik maka peluang menekan polusi udara makin besar. Sehingga, Ridwan berharap masyarakat Medan tertarik bermigrasi.

"Saya doakan warga Medan beralih ke motor listrik," pungkasnya.