Rencana Polri Terbitkan BPKB Elektronik, Dilengkapi Chip Hingga Akses NFC
Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus (Foto: Rizky AP/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) elektronik yang dilengkapi chip hingga dapat diakses Near Field Communication (NFC). Tujuannya, mempermudah proses administrasi.

"Ada chip, ada ID. Kemudian apa kemudahannya? Bisa NFC dengan smartphone," ujar Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis, 26 Januari.

Nantinya, bentuk BPKB elektronik akan lebih ringkas dari sebelumnya. Dari segi ukuran disebut menyerupai paspor.

Kemudian, fungsi chip dan NFC itu untuk mengetahui data lengkap pemilik kendaraan.

"Nah disini ada teknologi, ini ada historis kendaraan data dari kendaraan. Kendaraan sendiri, termasuk dari kendaraan apa pertama disini," sebutnya.

Rencana perubahan BPKB itu guna mendukung pengarsipan data dan proses adminstrasi, misalnya ganti nama kepemilikan kendaraan.

Tak dipungkiri, saat ini membutuhkan waktu lama ketika masyarakat mengajukan permohonan ganti nama kepemilikan kendaraan. Alasannya, petugas mesti mencari data kendaraan yang dimaksud secara manual.

"Arsip digital ke depan sudah tidak menggunakan lagi berkas-berkas, sekarang ini sudah mendekati 4.0 ya ini semuanya serba digital bagi dan masuk data base tersebut ke dalam server yang sudah dipersiapkan," kata Yusri. 

Terkait