Masalah Banjir Menahun di Samarinda Jadi Prioritas Walkot Andi Harun
ILUSTRASI/ Banjir Samarinda/DOK ANTARA/KIRANA LARASATI

Bagikan:

SAMARINDA - Wali Kota Samarinda Andi Harun pada momen Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-355 Kota Samarinda, menyampaikan akan tetap memprioritaskan program penanggulangan banjir dan penataan kota.

"Di momen HUT Samarinda yang ke-355, menjadi semangat pemerintah kota untuk terus meningkatkan kinerja terutama tetap prioritas pada penanggulangan banjir dan juga penataan kota," ujar Andi Harun usai Hpacara HUT Kota Samarinda di GOR Segiri Samarinda dilansir ANTARA, Sabtu, 21 Januari.

Menurutnya, ada beberapa titik rawan banjir yang tengah diupayakan untuk ditanggulangi, yakni Simpang tiga Alaya, jalan DI Panjaitan, jalan PM Noor , Simpang empat Sempaja, simpang empat Mall Lembuswana, dan beberapa titik rawan lainnya.

Pemkot Samarinda saat ini tetap berupaya untuk penataan kota dan infrastruktur, guna mempercantik wajah kota dan juga mengurai kemacetan di beberapa titik. Salah satu langkah konkret ialah membuat jalan terowongan Samarinda.

"Kami terus berkomitmen dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, sebab peningkatan perekonomian berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan," ujar Andi.

Dikatakannya, dari sisi tata kota, upaya untuk mengatur sejumlah titik kantong parkir, seperti di Pasar pagi, Pasar Segiri, Pasar Rahmat di Lambung, Pasar Kedondong, dan beberapa kantong parkir di titik tepi jalan.

Kemudian, hal lain yang juga dipikirkan adalah soal kebersihan kota, di mana pada 2023, kemungkinan setengah dari total tempat pembuangan sementara (TPS) akan direparasi dari bak terbuka menjadi bak tertutup, serta pastinya pengelolaan sampah terpadu di tempat pembuangan akhir (TPA).

"Intinya, kami akan berbuat yang terbaik bagi Kota Samarinda sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk didiami, kesemuanya adalah untuk kemaslahatan warga Samarinda," ungkapnya.

Tak lupa pihaknya mengupayakan untuk tetap mengendalikan laju inflasi Kota Samarinda, terutama sebentar lagi akan memasuki bulan puasa dan juga Lebaran Idul Fitri. Inspeksi mendadak ke pasar-pasar juga akan dilakukan bersama Dinas Perdagangan.