Pj Gubernur Heru Tinjau Tanggul Kalibaru Bikin Heboh, Warga Sangka Rombongan Jokowi Datangi Kampungnya
Pj Gubernur Heru Budi saat bertemu dengan warga (Foto: Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Suasana heboh terjadi perkampungan nelayan di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara saat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beserta jajarannya meninjau tanggul pantai sore ini.

Sesaat deretan mobil yang ditumpangi Heru dan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait tiba di lokasi, warga tiba-tiba keluar dari rumahnya dan bergegas menghampiri Heru.

Mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu, hingga para bocah dengan antusias mengikuti alur peninjauan Heru dan jajarannya pada tanggul di Plaza Kalibaru. Bahkan sosok Heru sampai tak terlihat dari kejauhan.

Namun, banyak dari mereka saling bersahut dan mengira rombongan ini adalah Presiden Joko Widodo dan jajarannya.

"Pak Jokowi, woy, Pak Jokowi!" seru anak-anak warga Kalibaru, Jumat, 20 Januari.

Saat mendekati rombongan, beberapa dari mereka menyadari bahwa perkiraannya salah. Tak ada Jokowi di tanggul Kalibaru sore ini. Namun, ternyata hal ini tak menyurutkan antusiasme mereka. Beberapa anak-anak pun meminta berfoto bersama Heru di sela peninjauan.

Sebagai informasi, tanggul di Kalibaru selesai dibangun pada awal Januari 2023. Tanggul pantai yang dilengkapi dengan polder kolam retensi ini berdiri sepanjang 3,2 kilometer.

Tanggul Kalibaru merupakan bagian dari proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang dijadikan sebagai upaya pengendalian kenaikan muka air laut dan mencegah banjir rob ke permukiman warga.

Secara keseluruhan, tanggul pantai dalam proyek NCICD dibangun sepanjang 33 kilometer di pesisir Jakarta Utara. Pengerjaannya dibagi dua. Kementerian PUPR mengerjakan tanggul pantai sepanjang 11 kilometer, dan 22 kilometer dilakukan Pemprov DKI Jakarta.