Bamsoet Dkk Kembali Jadi Panitia Pelaksana Formula E Jakarta Tahun Ini
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet). (Diah-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut pihaknya akan kembali menjadi panitia selaku steering committee dan organizing committee pelaksanaan Formula E di Jakarta pada 2023.

Bamsoet mengungkapkan, IMI akan bertanggung jawab terhadap teknis balapan dan aspek keselamatan seluruh peserta saat berlangsungnya Formula E digelar.

"Kalau (Formula E) ini pasti akan steering commitee karena secara teknis pemegang hak Formula E menyerahkan teknisnya kepada IMI sebagai penanggung jawab teknis keselamatan sekaligus teknis balapnya daripada Formula E," kata Ketua MPR itu di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 16 Januari.

Pada gelaran Formula E tahun 2022, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk pengurus IMI sebagai panitia Formula E. Saat itu, Bamsoet yang menjabat Ketua Umum IMI ditunjuk menjadi Ketua Steering Committee Formula E.

Sedangkan, Ketua Organizing Committee dijabat Sekjen IMI Ahmad Sahroni yang juga anggota DPR, dan Vice President Infrastructure and General Affairs OC Formula E diemban mantan Sekjen IMI Irawan Sucahyono.

Sejauh ini, belum ada penetapan susunan kepanitiaan untuk ajang balapan mobil listrik tersebut. Bamsoet mengaku pihaknya menunggu instruksi dari PT Jakpro selaku BUMD DKI penyelengara Formula E.

"Untuk pelaksanaannya itu panitianya adalah dibawah kewenangan Jakpro," ungkap Bamsoet.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet juga menyinggung soal biaya penyelenggaraan Formula E tahun ini. Ia menegaskan bahwa sumber dana tidak akan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI, melainkan sepenuhnya menggunakan sponsor.

"Kita sepakat bahwa dana nanti yang dipakai untuk Formula E non APBD harus sepenuhnya swasta dan sponsor," urainya.

Sebagai informasi, Formula E Operation (FEO) telah memasukkan jadwal penyelenggaraan Formula E di Jakarta pada tanggal 3 dan 4 Juni 2023 dalam kalender balapannya.

Selain itu, format acara dan konsep balapan Jakarta E-Prix itu masih dalam tahap penggodokan. Yang jelas, transaksi penyelenggaraannya adalah business to business (B2B) oleh Jakpro.