Panitia Pelaksana Formula E Bakal Dibentuk Akhir Bulan Ini, Siapa Saja?
Aksi drifting tim Mercedes-EQ saat 'Meet and Greet' pebalap Formula E di Monas, Jakarta, Kamis 2 Juni 2022. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - VP Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Syachrial Syarif menyebut panitia pelaksana Formula E 2023 ditargetkan akan terbentuk pada akhir bulan ini. Kini, Jakpro selaku BUMD penyelenggara Formula E sedang menyiapkan pembentukannya.

"Perkembangan persiapan Formula E, kita akan bentuk panitia. Kita berharap akhir bulan ini sudah ada panitianya," kata Syachrial kepada wartawan, Jumat, 13 Januari.

Syachrial berujar, setelah panitia terbentuk, Jakpro dan panitia akan menyusun konsep besar gelaran Formula E secara matang. Setelah itu, pihak-pihak yang dipilih sebagai panitia akan mendapat penugasan sesuai jabatan kepanitiaannya.

Lalu, siapa saja orang yang akan ditunjuk sebagai panitia pelaksana ajang balap mobil listrik ini? Syachrial mengaku pihaknya belum menentukan. Yang jelas, mereka adalah orang yang bergelut dalam dunia balapan.

"Kita harus melibatkan profesional-profesional yang mungkin paham betul tentang race dan kita belum tahu apakah masih sama dengan tahun lalu atau tidak," ungkap Syachrial.

Pada gelaran Formula E tahun 2022, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai panitia Formula E.

Saat itu, Ketua Steering Committee Formula E yang dipilih adalah Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo yang juga merupakan Ketua MPR RI, Ketua Organizing Committee adalah Sekjen IMI Ahmad Sahroni yang juga Anggota DPR RI, hingga Vice President Infrastructure and General Affairs OC Formula E yang diemban oleh mantan Sekjen IMI Irawan Sucahyono.

"Mungkin kita akan libatkan koordinasi lebih banyak dari IMI, ya," tuturnya.

Syachrial menerangkan, Jakpro selaku BUMD penyelenggara Formula E akan masih berkoordinasi intensif dengan FEO selaku pemegang lisensi Formula E mengenai persiapan tim yang akan bertugas dalam perhelatan balap mobil listrik ini.

Yang jelas, format acara dan konsep balapan Jakarta E-Prix itu masih dalam tahap penggodokan. Yang jelas, bentuk penyelenggaraan secara umum tidak berbeda dengan gelaran tahun 2022.

"Format acaranya masih sama dengan tahun lalu," ucap dia.