4 Kru Kapal TB Muara Sejati yang Tenggelam di Laut Tanjung Binga Berhasil Ditemukan Tim SAR
Tim SAR temukan 4 kru kapal TB Muara Sejati yang Tenggelam di Laut Tanjung Binga/ Foto: Dok. Tim SAR

Bagikan:

JAKARTA – Sempat hilang beberapa hari di laut, Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan keberadaan empat orang kru kapal TB Muara Sejati di perairan Laut Tanjung Binga, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dalam kondisi selamat.

Diketahui, keempat kru kapal itu sebelumnya sempat mengirim sinyal berbahaya (distress alert) di wilayah Selat Karimata sejak Sabtu, 30 Desember 2022.

"Keempat korban dalam kondisi selamat. Saat ini Tim SAR Gabungan sudah evakuasi para korban ke Puskesmas Pariwisata Tanjung Binga Belitung," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, I Made Oka Astawa kepada VOI, Senin, 2 Desember.

I Made Oka Astawa menjelaskan, dari empat orang kru yang berhasil diselamatkan, mereka adalah nahkoda, masinis, juru mudi dan oiler. Semuanya dalam kondisi selamat.

Kejadian terjadi ketika kapal tersebut tenggelam dalam hitungan menit. Kemudian 4 orang kru yang selamat berusaha menyelamatkan diri.

"Informasi yang kami dapatkan diawal, kondisi TB (kapal) tersebut tenggelam dalam hitungan menit. Kemudian kru menyelamatkan diri masing-masing dengan menggunakan liferaft dan hanyut sampai di perairan tanjung binga belitung," ujarnya.

Sebelum menemukan dan mengevakuasi korban, pihak Tagana menemukan keberadaan liferaft. Kemudian melaporkan ke Pos Unit Siaga SAR Tanjung Pandan. Sehingga Tim SAR gabungan di Belitung menemukan liferaft tersebut dan berhasil mengevakuasi para korban.

"Saat ini keempat kru yang selamat dievakuasi ke Puskesmas pariwisata di Tanjung Binga Belitung," katanya.