Hari ke-7, SAR Gabungan Belum Temukan 6 ABK Kapal TB Muara Sejati yang Tenggelam di Selat Karimata
Tim SAR temukan 4 kru kapal TB Muara Sejati yang Tenggelam di Laut Tanjung Binga/ Foto: Dok. Tim SAR

Bagikan:

JAKARTA - Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian terhadap 6 orang anak buah kapal (ABK) TB Muara Sejati yang tenggelam di Selat Karimata, Selasa, 10 Januari. Pencarian kali ini merupakan hari ketujuh.

Seperti diketahui, kapal TB Muara Sejati tenggelam sejak 30 Desember 2022. Kapal tersebut berisi 10 orang ABK.

Empat orang kru ABK berhasil ditemukan Tim SAR gabungan setelah mengirimkan sinyal berbahaya (distress alert) di Selat Karimata. Empat orang ABK ditemukan dalam kondisi selamat pada 2 Januari 2023. Namun enam orang masih dalam pencarian hingga hari ini.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, I Made Oka Astawa menjelaskan, masih ada 6 orang yang masih dilakukan pencarian dari total 10 orang.

"Upaya - upaya pemapelan dan E- broadcast dilakukan setiap harinya di sekitar wilayah kejadian. Untuk hari ini Tim SAR gabungan melakukan penyisiran di permukaan laut dengan kapal KN Purworejo bertolak dari Pangkalbalam menuju selat Karimata," ujarnya, Selasa, 10 Januari.

Namun pada Selasa 10 Januari, pencarian belum membuahkan hasil.

"Dalam upaya pencarian ini Tim SAR gabungan dihadapkan dengan perubahan cuaca yang tidak menentu, sering berubah - ubah sehingga menyulitkan tim di lapangan dalam melakukan pencarian," katanya.

Saat ini, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang memberikan dukungan penuh Operasi SAR gabungan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjung pinang.

Sebelumnya diberitakan, kapal TB Muara Sejati berjenis tugboat dinyatakan hilang tenggelam di sekitar perairan laut Selat Karimata. Penyebab kapal tersebut tenggelam karena faktor cuaca buruk dan besarnya hantaman gelombang laut.

"Penyebab karena cuaca buruk," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, I Made Oka Astawa saat dikonfirmasi VOI, Senin, 2 Desember.

Kapal tugboat TB Muara Sejati berisi 10 orang ABK bernama John Kakalang (66), Fachrul Fauzi (34), Adi Taruk Kendek (29), Anton Marzuki (51), Lukman Nul Hakim (40), Asril Basri (24), Sunardi (24), Ari Setiawan (25), Arif Rizky Alfianto (25) dan Kurniawan Imam Setiaji (27).

"Empat orang yang berhasil dievakuasi dengan selamat bernama John Kakalang (66) sebagai Kapten kapal TB Muara Sejati, Kurniawan Iman Setiaji (27) sebagai masinis 3, Anton Marzuki (51) sebagai oilier dan Asril Basri (24) sebagai juru mudi," ujarnya.

Sedangkan 6 korban kru kapal lainnya masih dalam pencarian Tim SAR Gabungan. Enam korban yang belum ditemukan diketahui bernama Fachrul Fauzi (34), Adi Taruk Kendek (29), Lukman Nul Hakim (40), Sunardi (24), Ari Setiawan (25) dan Arif Rizky Alfianto (25).

(Rizky Sulistio)