Meski Dilarang, Kembang Api Tetap Menggelegar Sepanjang Sarinah hingga Sudirman
Tahun Baru di Jakarta (Cosmas Copong Beda./VOI)

Bagikan:

JAKARTA — Kembali api tetap saja digunakan masyarakat saat menyambut pergantian tahun 2023 di kawasan Bundaran HI meskipun telah dilarang oleh Pemda DKI dan Polda Metro Jaya.

Dari pantauan di lapangan, bunyi kembang api juga terdengar riuh sepanjang ruas jalan Sarinah sampai Sudirman menjelang detik-detik pergantian tahun. 

Sebelumnya, bunyi petasan juga sempat terdengar saat Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono tiba di bundaran Hotel Indonesia untuk menyapa warga yang menyemut untuk menyambut tahun baru.

Meski demikian, ia merespon dingin saat ditodong awak media, "Ya biar saja namanya juga masyarakat," kata dia menjawab awak media.

Polda Metro Jaya sebenarnya sudah mengeluarkan larangan penggunaan petasan dan kembang api di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Thamrin.

Larangan ini dikeluarkan lantaran penggunaan petasan bisa berpotensi menimbulkan problem, termasuk risiko kebakaran. Selain itu, Budi juga telah mengeluarkan peringatan yang sama.

Ini adalah pertama kalinya perayaan tahun baru bisa dirayakan secara meriah pasca pandemi corona. Pihak Pemda DKI pun menyiapkan panggung festival di tujuh titik Sarinah sampai Sudirman.