Menikmati Malam Tahun Baru di Bundaran HI: Penuh Sesak, Terpana Saksikan Kembang Api
Perayaan Malam Tahun Baru di Sudirman-MH Thamrin (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Perayaan malam Tahun Baru 2024 di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin, Jakarta Pusat, dipenuhi lautan manusia. Tak cuma warga Ibu Kota, masyarakat dari berbagai daerah datang berbondong-bondong memadati kawasan pusat Jakarta tersebut.

Malam Muda Mudi yang digelar Pemprov DKI Jakarta diselenggarakan dengan panggung musik di 11 titik. Sementara, rangkaian acara dimulai dari kegiatan pawai mobil hias dan ratusan peserta parade dari kawasan Monumen Nasional hingga Bundaran HI.

Satu jam sebelum 1 Januari 2024, kawasan Bundaran HI yang merupakan titik utama perayaan malam tahun baru makin dipadati masyarakat. Sementara, mobil hias yang melaju dalam pawai di Jalan MH Thamrin menuju Bundaran bergerak sangat lambat.

Petugas Satpol PP dan Dinas Perhubungan terpaksa meminta warga untuk membuka ruang agar rombongan pawai bisa lewat. Berada di tengah jalan bersama lautan manusia membuat rasa sesak tak terhindarkan. Udara segar sulit dirasakan.

Bahkan, beberapa orang pingsan dan harus dibawa ke Pos Polisi Thamrin di tepi Bundaran HI. Tak luput juga sejumlah orang kecopetan mulai dari ponsel hingga dompetnya.

Jelang pergantian tahun, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono hingga Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi membawakan sambutan dan ucapan selamat tahun baru kepada masyarakat.

Pukul 23.50 WIB, kembang api mulai menyala satu per satu. Pada langit di sisi barat Bundaran HI, diterbangkan 500 drone yang beratraksi membentuk sejumlah gambar, mulai dari Gatot Kaca, burung, bunga, serta tulisan "Happy New Year 2024" tepat pukul 00.00 WIB.

Di saat yang bersamaan, cahaya kembang api menyala dari berbagai sudut dan saling bersahutan. Masyarakat yang memadati Bundaran HI seketika terpana menyaksikannya. Beberapa dari mereka tak mau kehilangan momentum dengan merekam foto maupun video pertunjukan tersebut.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan Malam Muda Mudi Jakarta Global saat malam Tahun Baru 2024 dengan rangkaian acara mulai dari Jakarnaval, panggung musik, pemutaran video hingga drone show (penampilan drone).

Acara Malam Muda Mudi ini diisi enam kegiatan, yakni Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin dan Panggung Jalan Jenderal Sudirman.

Pada segmen pertama Gemilang Silang Monas akan menampilkan pemutaran video, air mancur menari, hiburan dan sebagainya.

Tema Jakarnaval tahun ini adalah "Indonesian Legend Intellectual Property" (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.

Jakarnaval menampilkan beragam mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatotkaca.

Selanjutnya, di sepanjang Jalan MH Thamrin seperti di kawasan Sarinah dan Bundaran HI. Berbagai hiburan menarik di Sarinah menampilkan hiburan, panggung akustik, dan karya seni manusia patung.