Waspada Potensi Kebakaran Saat Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Penyebab yang Kerap Terjadi
Ilustrasi kebakaran. (Foto: Dok. Gulkarmat Jakarta Timur)

Bagikan:

DEPOK - Masyarakat diminta untuk mewaspadai kemungkinan kebakaran terjadi saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Ada beberapa penyebab yang berpotensi menimbulkan kebakaran.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok meminta warga mewaspadai penyebab kebakaran seperti arus listrik, lilin atau lampu minyak tanah, kompor, puntung rokok dan obat nyamuk bakar yang sering menjadi penyebab kebakaran.

"Periksa semua kondisi rumah sebelum pergi liburan," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana, seperti dilansir dari Antara, Minggu, 25 Desember.

Selain itu, dibutuhkan kesiapsiagaan diri sebagai antisipasi terhadap bahaya kebakaran dapat dilakukan dengan mewujudkan ketahanan lingkungan dengan membentuk relawan-relawan di lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing wilayah.

Gandara mengingatkan jika terjadi kebakaran langsung hubungi Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok melalui Nomor Telpon Panggilan Darurat (NTPD) 112. Selain itu juga bisa menghubungi media sosial seperti Instagram @damkardepok.

"Demi meminimalisir kerugian materi dan korban jiwa sebelum datang petugas Damkar, lakukan upaya pemadaman api dengan menggunakan benda-benda di sekitar, seperti, karung goni, air, pasir, dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)," katanya.

Lebih lanjut Gandara mengatakan, percayakan kepada petugas Damkar dalam melaksanakan Operasi Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan, untuk memaksimalkan operasi dan mengurangi risiko akibat kebakaran.

Dengan memberikan ruang gerak aktivitas petugas dan kendaraan operasional, tidak berkerumun dan memarkir kendaraan di sekitar kejadian.