600 Lebih Aparat Gabungan Dikerahkan untuk Jaga Perayaan Malam Tahun Baru  di TMII
Pengamanan TMII (Ivan Two/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menunjuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi tempat untuk menggelar puncak perayaan malam tahun baru 2023.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Budi Sartono mengatakan bahwa 600 lebih aparat gabungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan di sekitar kawasan TMII. “Kita telah menyiapkan pasukan kurang lebih 600 pasukan. Jadi gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Organisasi Masyarakat dan lainnya,” kata Kombes Pol Budi Sartono saat ditemui awak media di TMII pada Sabtu, 31 Desember.

Untuk pengamanan malam tahun baru akan diterapkan dua pola, yang mana 400 aparat akan dikerahkan di dalam TMII untuk mengamankan acara, dan 200 aparat lain akan berada di luar untuk untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas dan arus keluar-masuk TMII.

Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung, Budi Sartono menjelaskan telah mempersiapkan tempat parkir di luar kawasan TMII.

“Parkiran sementara masih menggunakan di dalam TMII kalau sudah tidak menampung lagi maka digunakan tempat-tempat di sekitar TMII. Ada 3 titik lain di luar TMII yang kita siapkan,” tutur Budi.

Kawasan TMII sendiri menyiapkan 3 panggung utama yang menampilkan berbagai pertunjukan hiburan. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan hadir untuk melihat pesta kembang api tepat saat pergantian tahun.