Bagikan:

SERANG - Polda Banten meningkatkan kewaspadaan dan memberdayakan personel yang telah ditugaskan dalam Operasi Lilin Maung 2022 dengan pelaksanaan apel pengecekan di sejumlah tempat ibadah yang menggelar kebaktian akhir tahun.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan sterilisasi juga dilakukan dengan menerjukan Unit Jihandak Satbrimobda Polda Banten serta Unit K9 Ditsamapta Polda Banten sebelum kebaktian dilaksanakan.

Pada lokasi wisata, diprediksi arus lalu lintas ke wilayah Anyer, Cinangka, Banten Lama dan tempat wisata lainnya juga akan terjadi peningkatan.

"Pola pengaturan lalu lintas sama seperti operasi sebelumnya, yaitu pola hijau ketika arus lancar tanpa hambatan, pola kuning ketika arus padat namun masih dapat berjalan, serta pola merah ketika karena kepadatan dan hambatan lainnya mengakibatkan arus lalu lintas berhenti," kata Shinto dalam keterangan tertulis, Jumat, 30 Desember.

Dijelaskan Shinto, Polda Banten juga menyiapkan tim pengurai kemacetan dan menyiapkan skema lalu lintas buka tutup.

"Ditlantas Polda Banten telah menyiapkan tim pengurai kemacetan (raicet) untuk bisa menindaklanjuti situasi merah, termasuk dengan pola buka tutup, one way traffic dan pengalihan arus lalu lintas akan dilaksanakan sesuai dengan dinamika situasi kuning-merah yang dihadapi," jelasnya.

Sementara itu dalam pengamanan di Pelabuhan Merak, pelayanan terus dilakukan dengan mengikuti perkembangan informasi cuaca dari BMKG. Polda Banten terus berkoordinasi dengan otoritas penyebarangan untuk menjamin proses penyeberangan dapat berjalan dengan aman bagi pengendara.