Di Depan Kapolri Jenderal Sigit, Kapolda Banten Paparkan Capaian Vaksinasi dan Pengamanan Natal
Kunjungan kerja Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Pelahuhan Merak, Banten dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy/ Antara

Bagikan:

BANTEN - Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto memaparkan capaian vaksinasi dan strategi Polda Banten dalam pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam kunjungan kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Rombongan di Pelabuhan Merak Cilegon, Rabu, 22 Desember.

Kapolda Banten Ijren Rudy Heriyanto mengatakan capaian vaksinasi Polda Banten dosis pertama sudah terealisasi 72,6 persen atau 6.697.366 orang dan untuk dosis kedua sudah mencapai 51,6 persen atau 4.762.548 orang.

"Bahwa capaian vaksinasi Polda Banten dosis pertama sudah mencapai 72,6 pereen dan dosis kedua 51,6 persen," kata Kapolda Banten dilansir Antara.

Rudy Heriyanto juga menambahkan dalam mendukung percepatan vaksinasi, Polda Banten mengusung program "Keroyok Vaksinasi: dengan mengoptimalkan ratusan vaksinator yang disebar ke daerah Lebak, Serang dan Pandeglang.

"Berbagai upaya dan terobosan kami lakukan untuk percepatan vaksinasi, diantaranya melakukan vaksinasi mobile di perumahan, tempat keramaian, dan fasilitas umum seperti GOR, Alun-Alun, dan mal, kemudian vaksinasi di pondok pesantren, pabrik, kampus, dan sekolah, juga melaksanakan vaksinasi di pulau terpencil yang berpenghuni, vaksinasi 'door to door', vaksinasi diatas kapal feri,” kata Rudy Heriyanto.

Rudy menambahkan dalam pengamanan natal dan tahun baru, setiap pos pengamanan dan pos pelayanan akan dilengkapi dengan fasilitas gerai vaksin dan alat swab test secara gratis.

“Ini upaya Polda Banten untuk memastikan bahwa Nataru tidak menjadi trigger cluster baru COVIDd-19,” kata Kapolda Banten didampingi Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga.

Adapun prioritas vaksinasi kepada sasaran lansia dan pelajar, Polda Banten telah menargetkan capaian vaksinasi harian sebanyak 19.500 orang.

"Kami memprioritaskan vaksinasi terhadap lansia dan pelajar sesuai dengan data bahwa vaksinasi terhadap lansia dengan dosis pertama sudah mencapai 428.502 orang dan dosis kedua 272.537 orang dan untuk pelajar atau remaja dengan dosisi pertama sebanyak 739.333 orang dosis kedua 615.080," kata Kabid Humas Polda Bantrm AKBP Shinto Solitonga.

Kemudian, Shinto juga menyampaikan strategi dalam persiapan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan menyosialisasikan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021 secara masif dan aktif kepada masyarakat.

"Polda Banten lakukan kontrol ketat penugasan Satgas Penanganan COVID-19 hingga ke tingkat bawah dan mensosialisasikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di tempat wisata dan pusat keramaian, memastikan sarana dan penerapan prokes di tempat tersebut dan memastikan kapasitas tempat wisata maksimal 75 persen serta melakukan swab test random kepada pengguna jalan yang hendak menuju ke tempat wisata di pos pelayanan," katanya.

Kegiatan kunjungan kerja Kapolri dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kepala BNBP Mayjen Suharyanto.