Pengelola Wisata di Babel Diminta Siagakan Tim Penyelamat Saat Momen Libur Tahun Baru 2023
Objek wisata di Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Jumat 20 Mei 2022. (ANTARA-Fakhri H)

Bagikan:

KEPRI - Pengelola objek wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diminta menyiapkan tim penyelamat selama libur Tahun Baru 2023.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel, Mikron Antariksa mengatakan, persiapan perlu dilakukan khususnya di pengelola objek wisata di kawasan pantai.

"Kami meminta pengelola objek wisata dan rekreasi ini untuk mempersiapkan tim penyelamat, mengingat kondisi cuaca yang cukup ekstrem selama liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru 2023," katanya di Pangkalpinang, Babel, Rabu 28 Desember.

Selain itu, kata dia, pengelola juga harus menyiapkan sarana dan prasarana pendukung upaya penyelamatan dan pertolongan pertama pada kecelakaan.

"Tenaga penyelamatan disertai peralatan keselamatan ini (diperlukan) untuk memberikan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan ataupun ada pengunjung yang terseret arus ombak," tuturnya disitat Antara.

Dia menekankan, pentingnya peningkatan pengamanan lantaran kunjungan wisatawan meningkat di tempat wisata selama liburan Tahun Baru 2023.

"Saat ini kondisi cuaca cukup ekstrem, gelombang tinggi disertai hujan lebat, sehingga ini cukup membahayakan keselamatan pengunjung pantai," katanya.

"Apabila terjadi gelombang dan air pasang laut yang tinggi diharapkan pengunjung tidak turun ke air dan silakan saja memandang pemandangan laut dari darat, karena ini sangat membahayakan keselamatan," tandasnya.