Antisipasi Lonjakan COVID-19 di Liburan Natal dan Tahun Baru, Ketua MPR Ingatkan Disiplin Penerapan PeduliLindungi
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah daerah untuk mematangkan persiapan guna mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung saat liburan Natal dan Tahun Baru 2022.

Salah satunya, kata Bambang, Pemda wajib memerintahkan pengelola daya tarik wisata (DTW) untuk disiplin menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi hingga berbagai persyaratan operasional.

"Untuk meminimalkan risiko penularan COVID-19 pada libur Nataru nanti," ujar Bambang Soesatyo alias Bamsoet kepada wartawan, Selasa, 21 Desember.

Mantan Ketua DPR itu juga mengingatkan pengelola DTW bersama Satgas COVID-19 untuk meningkatkan kewaspadaan. "Disamping juga melakukan pengawasan serta memonitor pelaksanaan protokol kesehatan di tempat wisata," kata Bamsoet.

Selain itu, Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polri juga diminta bersiaga mengantisipasi kemacetan. Sebab, kata Bamsoet, ada potensi tingginya mobilitas kendaraan menuju tempat-tempat wisata pada periode Natal dan tahun baru.

"Jadi, bisa menyiapkan formula rekayasa lalu lintas seperti rekayasa one way, contra flow, hingga mengefektifkan sejumlah jalur alternatif," ungkap Bamsoet.

Bamsoet juga mengimbau masyarakat tidak euforia menyambut momen libur Natal dan tahun baru sembari tetap meningkatkan kewaspadaan ketika diluar rumah.

"Tetap disiplin menerapkan prokes khususnya di tempat-tempat wisata atau area publik," tandas Bamsoet.