105 Personel Basarnas Lampung Siaga Selama Libur Lebaran 2022
Pelepasan petugas Basarnas Lampung yang bertugas pada arus mudik Lebaran 2022. (ANTARA/Ruth I S K).

Bagikan:

LAMPUNG - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung menyiagakan 105 personel untuk mengantisipasi kondisi darurat saat momen libur mudik Lebaran 2022.

"Ada sebanyak 105 orang personel yang disiapkan untuk membantu bila ada potensi bencana ataupun kecelakaan," ujar Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Lampung, Jumaril, di Lampung Selatan, Senin 25 April.

Ia mengatakan, 105 personel tersebut akan ditempatkan di tujuh titik vital di Provinsi Lampung pada masa arus mudik atau arus balik Lebaran 2022.

"Ada tujuh titik yang menjadi perhatian dan ditempatkan personel. Titik vital tersebut meliputi posko induk Basarnas Lampung di Natar, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Kota Agung, posko pintu Tol Itera," katanya.

Selanjutnya, ada di posko rest area Jalan Tol Trans Sumatera kilometer 215, serta kilometer 80, objek wisata pantai sekitar Kalianda, Pantai Ketapang dan Pantai Sebalang.

"Untuk peralatan dan kendaraan penyelamatan telah disiagakan alut seperti KN SAR 224 Basudewa, RIB (Rigid Inflatable Boat) sebanyak dua unit," ujarnya.

Dia menjelaskan, selain itu telah disediakan pula Double Stabilizer Boat atau perahu jukung, Rescue Car Compartement sering dikenal sebagai mobil pertolongan berisi peralatan ekstrikasi untuk pertolongan kecelakaan, truk penyelamat dan perahu karet yang dilengkapi dengan peralatan penyelamatan di air, peralatan selam, peralatan pendeteksi korban bawah air (Aqua eye).

"Di Pelabuhan Bakauheni kita siagakan SRU air untuk antisipasi kecelakaan pelayaran dan SRU darat untuk antisipasi kecelakaan di JTTS," tambahnya.

Menurutnya, untuk satu unit helikopter akan disiagakan di Pelabuhan Merak sebab wilayah pemantauannya mencakup wilayah Lampung. "Intinya kita sudah siap dan siaga untuk membantu bila ada hal yang tidak diinginkan saat arus mudik atau arus balik di Lampung," tandasnya.