Wow, Sandiaga Uno Ditunjuk Jokowi Jadi Menparekraf, Saham Saratoga Langsung Terbang
Sandiaga Uno. (Foto: Twitter @sandiuno)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Posisi menteri ini sebelumnya dijabat oleh Wishnutama.

Penunjukkan Sandiaga ini ternyata langsung berpengaruh kepada kinerja saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Sandi merupakan salah satu pemegang saham terbesar emiten berkode saham SRTG tersebut.

Saham SRTG ditutup menguat tajam di tengah kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang jeblok hari ini, Selasa 22 Desember. Dikutip dari data RTI, saham Saratoga ditutup menguat 110 poin atau 3,19 persen ke level Rp3.560.

Foto: Dok. RTI

Saham SRTG hari ini dibuka di level Rp3.460 atau naik 10 poin dibandingkan dengan posisi penutupan kemarin. Saham SRTG bergerak di rentang Rp3.460-3.600 pada hari ini. 

Total perdagangan saham SRTG mencapai 7,76 juta lembar dengan nilai transaksi Rp27,36 miliar. Dalam sebulan terakhir, saham SRTG sudah menguat 3,79 persen.

Sebagai informasi, Sandiaga Uno memiliki 21,51 persen saham Saratoga. Sandiaga merupakan pemegang saham pengendali sekaligus pendiri Saratoga.

Hari ini Sandiaga resmi menjadi Menparekraf menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio yang bertugas sejak 23 Oktober 2019. Perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju itu langsung disampaikan Presiden Joko Widodo yang didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Presiden, Jakarta, Selasa 22 Desember sore.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono mengisi dua pos yang ditinggalkan menterinya lantaran kasus korupsi, yakni masing-masing Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan. 

Nama baru yang juga muncul adalah Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, dan Yaqut Cholil Quoumas sebagai Menteri Agama. Sementara M. Lutfi kembali menempati kursi Menteri Perdagangan.