Pakai Transportasi Sungai, Arus Mudik Libur Natal dan Tahun Baru dari Pekanbaru Naik
Aktivitas penumpang mudik libur Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru. (Antara/HO-Diskominfotik Riau).

Bagikan:

PEKANBARU - Arus mudik menggunakan transportasi sungai pada momentum libur Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru mengalami kenaikan sebesar 40 persen.

Peningkatan itu terjadi pada periode jelang Natal 2022 pada Sabtu 24 Desember hingga jelang Tahun baru 2023 pada Selasa 27 Desember.

"Peningkatan arus mudik terpantau dari peningkatan kedatangan penumpang dari berbagai daerah di Riau, dan keberangkatan dari Pekanbaru," kata Kepala Pos Pelabuhan Sungai Duku, Victory, di Pekanbaru, Riau, Povinsi Kepualauan Riau (Kepri), Selasa 28 Desember.

Ia mengatakan, peningkatan kedatangan dan kepergian penumpang mengunakan jasa transportasi sungai tersebut tercatat keseluruhan dari Pelabuhan Sungai Duku. Keseluruhan menggunakan 3 armada yang berangkat setiap hari dari pelabuhan itu menuju Selat Panjang.

Victory menjelaskan, hanya Kapal Mesin (KM) Jelatik saja armada yang langsung berangkat menuju ke Selat Panjang sisanya transit di Perawang.

"Pada hari normal tercatat hanya 100-150 penumpang yang memanfaatkan jasa trasnportasi sungai ini, akan tetapi tercatat 282 hingga 302 penumpang yang berangkat dari Pekanbaru dan datang ke Pekanbaru yang menggunakan jasa angkutan sungai ini dalam menikmati libur Natal 2022 dan menyambut Tahun baru 2023," katanya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar meminta masyarakat tidak euforia berlebihan dalam merayakan Tahun Baru 2023. Kegiatan berlebihan justru dikhawatirkan dapat menimbulkan hal-hal tak diinginkan.

"Perayaan tahun baru agar dapat diisi dengan kegiatan positif dan situasi yang sudah terpelihara dengan baik diharapkan dapat terjaga," katanya.

Sebab katanya lagi,Tahun 2022 sudah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akan tetapi sebaiknya perlu menjaga situasi yang sudah membaik ini dengan kegiatan positif.