Libur Natal, 27.800 Pengunjung Padati Kawasan Wisata Ancol
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Komunikasi Perusahaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Ariyadi Eko Nugroho mengatakan, jumlah pengunjung Kawasan Wisata Ancol telah mencapai 27.800 pada Hari Raya Natal 2022 sampai pukul 11.00 WIB.

“Sampai pukul 11.00 WIB tadi kami mencatat pengunjung sudah mencapai 27.800,” kata Eko dikutip dari Antara, Minggu, 25 Desember.

Pada H-1 Hari Raya Natal, Sabtu, 24 Desember, Kawasan Wisata Ancol tercatat dikunjungi oleh 42.000 wisatawan.

Eko menyebut jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan rata-rata kunjungan pada akhir pekan biasa yang hanya mencapai 25.000 sampai 30.000 pengunjung.

Mayoritas atau sekitar 60 sampai 70 persen wisatawan yang datang ke Ancol melakukan rekreasi ke pantai, sementara sisa pengunjung menikmati berbagai wahana yang tersedia seperti Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventures, Sea World Ancol, Allianz Ecopark, Pasar Seni Ancol, dan Jakarta Bird Land.

Untuk mengantisipasi membludaknya kunjungan wisatawan di pekan libur Natal dan Tahun Baru 2023, pihaknya bekerja sama dengan Kepolisian RI, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Satuan Polisi Pamong Praja guna memastikan keamanan terjaga.

“Kami juga masih mengikuti aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Pengunjung wahana di kawasan Ancol wajib membeli tiket satu minggu sebelum hari kunjungan, menggunakan masker, melakukan scan PeduliLindungi, serta kami memastikan kesiagaan satuan petugas,” katanya.

Adapun sejak 1 Januari sampai September 2022, pengunjung Ancol tercatat mencapai 5,3 juta atau naik 148 persen jika dibanding tahun sebelumnya yang berada di 2,1 juta pengunjung, ditopang oleh terkendalinya pandemi COVID-19 di Indonesia.