Polrestro Tangerang Telah Lakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja yang Dipakai untuk Ibadah Natal 2022
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Polres Metro Tangerang Kota telah melakukan sterilisasi sejumlah gereja yang akan digunakan masyarakat untuk melaksanakan ibadah perayaan Hari Raya Natal.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho di Tangerang, Banten, Minggu 25 Desember mengemukakan sterilisasi sudah dilaksanakan oleh tim penjinak bom (Jibom) sejak beberapa waktu lalu hingga tadi malam.

"Pengamanan oleh kepolisian akan dilaksanakan hingga selesai perayaan Natal agar semuanya berjalan dengan lancar dan tak ada gangguan," ujar Kapolres, dikutip dari Antara.

Ia mengatakan gereja yang dilakukan sterilisasi di antaranya Gereja Santa Maria Kecamatan Tangerang, Gereja HKBP Cemara Kecamatan Karawaci dan Gereja Santo Antonius Kecamatan Jatiuwung.

Hingga kini, pelaksanaan ibadah Natal di wilayah Kota Tangerang berjalan dengan lancar dan kepolisian juga sudah menempatkan petugas di sejumlah lokasi yang masuk dalam kategori rawan.

Polres Metro Tangerang Kota menyatakan ada 12 gereja yang menjadi prioritas pengamanan saat perayaan natal karena lokasi yang berada di pinggir jalan dan jumlah jemaat di atas 500 orang.

Dijelaskan nya, untuk 12 gereja yang mendapatkan pengamanan prioritas tersebut, ditempatkan 31 petugas dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP dengan sistem pengamanan yang lebih ketat dan intens.

Lalu Kapolres juga berharap kepada para jemaat untuk mengikuti imbauan, termasuk kendaraan yang akan diparkirkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya penghambatan arus lintas.

"Kita mendorong jemaat bisa tertib dan imbauan selama ini sudah sampaikan. Kita mengimbau tidak parkir sembarang tempat. Lokasi-lokasi parkir, termasuk kalau misalkan di pinggir jalan, menghambat arus lintas lainnya," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Dewan Paroki Gereja Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda, Michael Fadjar Tjiptadi menyampaikan terimakasih kepada pihak TNI-Polri hingga Dishub Kota Tangerang karena telah membuat tempat ibadahnya menjadi nyaman dan aman.

"Kami berterimakasih untuk kedatangan pak Kapolres bersama petugas lainnya. Senang karena menimbulkan keamanan sehingga umat kami dapat beribadah dengan baik. Jadi kunjungan itu komitmen buat kami agar dalam beribadah lancar dengan baik," ujarnya.