Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi besar-besaran anggotanya. Tercatat, 704 personel dipindah tugaskan dari tingkat Polda hingga Polri. Mutasi itu tertuang dalam empat surat telegram (ST) dengan nomor ST/2774/XII/KEP./2022 hingga ST/2777/XII/KEP./2022.

Dalam ST yang diterbitkan tertanggal 23 Desember dan ditandatangani AS SDM Polri Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri, ada beberapa pejabat tinggi Korps Bhayangkara yang dirotasi.

Dari ratusan anggota itu ada nama Irjen Agung Wicaksono yang semula menjabat sebagai Kapolda Bengkulu. Ia dimutasi sebagai Pati Polda Bengkulu dalam rangka pensiun.

Sebagai gantinya, jabatan Kapolda Bengkulu akan dijabat oleh Irjen Armed Wijaya. Sebelumnya, ia bertugas di Kemenko Polhukam.

Ada juga Irjen Aris Budiman yang menjabat sebagai Kapolda Kepulauan Riau. Namun, ia dipindahtugas menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Binkar SSDM Polri.

Sehingga, posisi Kapolda Kepulauan Riau akan dijabat oleh Brigjen Tabana Bangun yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kepulauan Riau.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan mengenai rotasi tersebut. Menurutnya, hal itu hanya untuk penyegaran organiasai dan promosi jabatan.

"Benar dari SDM. Mutasi hal yang biasa dalam organisasi sebagai tour of area and tour of duty dan penyegaran serta promosi," kata Dedi.