Soal Reshuffle Kabinet, Politikus PKB Dengar Isu Bakal Banyak Menteri yang Diganti Jokowi
Anggota Komisi VIII DPR Fraksi PKB Luqman Hakim/DOK VOI-Nailin In Saroh

Bagikan:

JAKARTA - Politikus PKB, Luqman Hakim, mengaku sudah mendengar soal kemungkinan adanya reshuffle kabinet yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo. Bahkan dia mengatakan, bakal ada banyak menteri yang diganti pada perombakan kabinet mendatang.

“Saya dengar isu, bahwa akan cukup banyak menteri yang diganti pada reshuffle yang akan datang," ujar Luqman dalam keterangannya, Sabtu, 24 Desember.

Sejauh ini, anggota Komisi VIII DPR itu melihat Jokowi memang kerap memberi sinyal akan mengocok ulang kabinetnya. Meskipun kerap kali reshuffle kabinet juga tak terlaksana.

"Reshuffle kabinet, sebagai isu publik belakangan ini timbul tenggelam. Tapi saya lihat, Presiden Jokowi memang memberikan sinyal-sinyal atau kode-kode simbolik bahwa dia akan melakukan reshuffle kabinet," kata Luqman.

Namun, Luqman menyambut positif kemungkinan reshuffle kabinet yang dibuka presiden Jokowi. Menurutnya, pergantian menteri semata-mata untuk meningkatkan kinerja pemerintahan Jokowi-Maruf, bukan kepentingan politik lain.

"Ya saya percaya jika Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet. Pertimbangan utamanya tentu peningkatan kinerja kabinet, bukan lainnya," kata Luqman.