PKB Belum Lihat Tanda-tanda <i>Reshuffle</i> dari Jokowi
Waketum PKB Jazilul Fawaid/DOK VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum melihat tanda-tanda Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet dalam waktu dekat. Pasalnya, hingga hari ini para pimpinan partai politik (parpol) belum mendapat informasi terkait akan adanya perombakan menteri di Kabinet Indonesia Maju.

"Saya belum melihat tanda-tanda reshuffle kabinet dalam waktu dekat," ujar Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid, Selasa, 18 Oktober. 

Isu perombakan kabinet kembali menghangat setelah Presiden Jokowi menyebut akan selalu ada reshuffle. Isu ini muncul usai gaduh pernyataan politikus NasDem bahwa Anies merupakan antitesis dari Jokowi. 

"Saya belum dapat kabar. Setahu saya, belum ada komunikasi (ke para pimpinan parpol koalisi)," ungkap Jazilul.

Soal apakah reshuffle kabinet akan menyasar menteri dari Partai NasDem, Wakil Ketua MPR itu menegaskan hal tersebut merupakan hak prerogatif Jokowi. 

"Itu hak prerogatif Presiden," tegasnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan rencana reshuffle kabinet selalu ada. Pada waktunya, kata dia, akan diputuskan. 

Hal itu dikatakan Jokowi menanggapi rumor perombakan kabinet usai Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. 

"Rencana selalu ada. Pelaksanaan nanti diputuskan," kata Jokowi saat meninjau Stasiun Kereta Cepat Indonesia China di Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis, 13 Oktober.