Rumah Warga Pesisir Selayar Kepri Rusak Berat Diterjang Gelombang Besar dan Angin Kencang
Foto via Antara.

Bagikan:

KEPRI - Gelombang besar disertai angin kencang menerjang Desa Penuba, Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Akibatnya sejumlah rumah rusak parah.

"Gelombang besar disertai angin kencang di Desa Penuba, Kabupaten Lingga, menimbulkan kerusakan di pemukiman warga," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Riau Muhammad Hasbi saat dihubungi, Jumat 23 Desember, dikutip dari Antara.

Hasbi mengatakan gelombang besar dan angin kencang pada Kamis 22 Desember itu menyebabkan sebanyak 23 kepala keluarga (KK) terdampak.

"Tiga keluarga sudah diungsikan karena rumahnya mengalami kerusakan berat dan 20 keluarga masih bertahan di rumah masing-masing," imbuhnya.

Hasbi mengatakan, pihaknya sedang melakukan pendataan terkait dampak kerusakan dari bencana alam tersebut.

BPBD berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa untuk mendata warga yang terdampak hingga mengalami kerusakan pada huniannya.

Kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir Kepri, Hasbi mengimbau untuk tetap waspada. Berdasarkan perkiraan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca estrem akan melanda hingga awal Januari 2022.

"Bagi masyarakat yang tinggal di pesisir diharapkan selalu siap siaga, bila terjadi sesuatu segera berkoordinasi dengan pemerintah setempat," tandasnya.