BMKG Keluarkan Peringatan Dini Waspada Rob di Pesisir Sulsel
Awak kapal bersipa menyandarkan kapal penumpang di Dermaga Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkkarang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/Darwin Fatir.

Bagikan:

MAKASSAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar telah mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan banjir rob di sejumlah pesisir laut wilayah Sulawesi Selatan.

"Peringatan dini banjir pesisir (ROB) berlaku 23-25 Desember 2022," kata Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar Mujahidin dilansir ANTARA, Kamis, 22 Desember.

Pemicu banjir pesisir diperkirakan adanya aktivitas pasang air laut maksimum disertai kondisi gelombang tinggi yang dipicu oleh adanya Pusat Tekanan Rendah di Utara Australia (1000 hPa).

Daerah yang berpotensi memicu terjadinya banjir pesisir di tujuh wilayah seperti di Pesisir Kabupaten Pinrang, Pesisir Kabupaten Maros, Pesisir Kabupaten Takalar, Pesisir Kabupaten Barru, Pesisir Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Pesisir Kota Parepare serta Pesisir Kota Makassar.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar Mahagnyana mengatakan, Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Gangguan tersebut seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut yang disertai gelombang tinggi serta memperhatikan update informasi cuaca maritim," ujar Mahagnaya.

Dari informasi BMKG Wilayah IV Makassar untuk peringatan dini Moderate Sea atau ketinggian gelombang ombak mencapai 1.25-2.5 meter per 23 Desember 2022, terjadi di Perairan Parepare, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan barat Kepulauan. Selayar, Perairan Sabalana.

Kemudian di Teluk Bone bagian selatan, Perairan timur Kep. Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat, Perairan P. Bonerate - Kalaotoa bagian utara, Perairan P. Bonerate - Kalaotoa bagian selatan, dan Laut Flores bagian timur. Dan untuk Rough Sea atau dilaut lepas erjadi di Selat Makassar bagian selatan dengan ketinggian gelombang 2.5-4 meter.

Untuk prakiraan cuaca pada 23 Desember 2022 pagi hari diperkirakan hujan ringan di seluruh wilayah Sulsel. Hujan sedang di wilayah Selayar, Palopo, Sinjai, Toraja Utara. Cuaca berawan di wilayah Palopo, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Bone, Luwu Timur, Luwu Utara pada pada pagi hari.

Siang hingga sore hari potensi hujan sedang di wilayah Gowa, Luwu Utara, Makassar, Maros, Pangkep. Dan pada malam hari potensi hujan sedang di wilayah Takalar, Gowa, Makassar, Jeneponto, Barru, Pangkep, Maros. Untuk suhu Udara 19 – 31 derajat celcius, kelembapan Udara 70 - 95 persen serta kecepatan angin Barat Daya – Barat Laut 10 - 35 kilometer per jam.