Kejari Bandar Lampung Musnahkan 2 Gading Gajah
Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana memegang barang bukti berupa gading gajah, pada pemusnahan barang bukti di Kejari Bandar Lampung, Kamis (22/12/2022) (ANTARA/HO-Kejari)

Bagikan:

BANDAR LAMPUNG - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung melakukan pemusnahan terhadap barang bukti di antaranya berupa dua gading gajah yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

"Hari ini kita musnahkan barang bukti tersebut yang telah memiliki kekuatan hukum tetap," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bandar Lampung, Helmi Hasan, dikutip ANTARA, Kamis, 22 Desember.

Dia menjelaskan barang yang dimusnahkan tersebut di antaranya dua buah gading gajah hasil tindak pidana konservasi sumber daya alam dan ekosistem.

"Dua gading gajah kurang lebih masing-masing 50 centimeter ini kita sita dari tindak pidana perburuan gading gajah," kata dia.

Dua buah gading gajah tersebut dimusnahkan dengan cara dipotong menjadi beberapa bagian menggunakan gerinda yang kemudian dimusnahkan dengan cara dibakar bersama barang bukti lainnya.

Selain dua buah gading gajah, barang bukti lainnya yang turut dimusnahkan di antaranya 231,2 gram sabu, 9.171,886 gram ganja, 11,16 gram ekstasi, ribuan kosmetik, 13 buah senjata api, 12 buah senjata tajam, dan sejumlah pakaian.

"Untuk barang bukti sabu, ganja, ekstasi, dan pakaian kita musnahkan dengan cara kita bakar bersama gading gajah. Sedangkan senjata tajam dan senjata api kita potong menjadi beberapa bagian," kata dia lagi.

Helmi menjelaskan pemusnahan barang bukti tersebut merupakan hasil dari sebanyak 309 perkara. Untuk di tahun 2022 sendiri, lanjut dia, Kejari Bandarlampung sendiri telah menangani sebanyak 1.347 perkara.

"Jadi barang bukti hari ini berdasarkan hasil putusan maka segera kita musnahkan. Ada juga beberapa yang dirampas untuk negara, namun telah kita lakukan penjualan secara langsung dan kita setorkan ke kas negara," katanya.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, pihaknya akan lebih memperketat lagi peredaran minuman keras dan berbagai jenis narkotika dalam rangka menyambut natal dan tahun baru 2023.

Dirinya juga turut prihatin atas adanya sejumlah warga Bandar Lampung yang terlibat dalam penyalahgunaan narkotika.

"Sebenarnya bukan merupakan warga Bandar Lampung, namun ada yang singgah saja. Tapi kita tetap prihatin atas ini, karena itu kita ke depan akan menggandeng instansi terkait seperti BNN, kepolisian, TNI, untuk mengantisipasi adanya peredaran narkotika di wilayah Bandar Lampung ini," katanya.