Nama Sandiaga Uno Bakal Dibawa PPP ke Rapat Pencapresan KIB
Sandiaga Uno dimintai foto bareng emak-emak saat memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2018. (Twitter @sandiuno)

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arwani Thomafi mengatakan bakal membawa sejumlah nama potensial untuk diusulkan menjadi calon presiden (capres) dalam rapat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Termasuk nama Sandiaga Uno.

"Semua figur yang muncul akan menjadi referensi bagi kami untuk dibahas, baik di internal PPP ataupun KIB. Figur yang diusulkan oleh para kader tentu akan kami bawa," ujar Arwani kepada wartawan, Kamis, 22 Desember.

Sandi memang kerap menghadiri acara internal PPP. Dalam sejumlah kesempatan itu juga, Menparekraf era Presiden Jokowi tersebut menyatakan siap diusung menjadi Capres 2024.

Sehingga, lanjut dia, nama Sandi pasti akan dicermati PPP dalam pembahasan internal partai kemudian dibawa ke forum KIB.

"Kami bahas bersama-sama dengan dengan Partai Golkar, PAN, dan partai-partai lain yang Insya Allah segera bergabung dengan KIB," imbuhnya.

Menurutnya, Sandi memiliki keunggulan dengan bekalnya sebagai Menparekraf. Dia juga, kata Arwani, memiliki kemiripan dengan PPP yang dekat dengan ulama.

"Iya (bawa Sandiaga ke forum KIB). Beliau kan juga menteri, sosok yang dekat dengan ulama, pesantren, di mana PPP sering bersentuhan dengan itu," kata Arwani.

Sebelumnya, Sandiaga Uno menyatakan siap maju menjadi Capres 2024 jika ada partai politik yang mendukung. Hal itu disampaikan politikus Partai Gerindra itu saat menghadiri acara PPP di Madura, Jawa Timur, Minggu, 18 Desember.

Sandi menyadari, penetapan capres dan cawapres berada di tangan partai politik. Dia pun mengembalikan keputusan terkait pencalonannya ke partai politik itu sendiri.

"Apapun keputusannya kita harus siap," kata Sandi.

Soal kesiapannya maju Pilpres 2024, Sandiaga mengaku selalu berkoordinasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Sebagai kader Gerindra saya selalu berkoordinasi dengan pimpinan saya Pak Prabowo dan kita tentunya kita sambut dengan penuh sukacitaan,” katanya.