Babel Gandeng Alumni ITB Kembangkan Teknologi Pertanian Demi Tekan Inflasi
Ilustrasi. Potensi lumbung pangan di lahan padi eks-gambut yang digarap masyarakat di Desa Terusan Makmur, Kabupaten Kapuas, Kalteng. (dok Kementerian Pertanian)

Bagikan:

BABEL - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berencana mengembangkan teknologi pertanian guna meningkatkan produksi untuk menekan inflasi. Pengembangan menggandeng Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB).

"Saat ini hampir 80 persen kebutuhan pokok masyarakat masih didatangkan dari luar daerah, karena hasil pertanian petani yang masih rendah," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Babel, Minggu 18 Desember, disitat Antara.

Ridwan bilang pengembangan teknologi juga meiputi sektor pertanian, perikanan, UMKM dan sektor lainnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Babel.

"Saat ini kami memfokuskan untuk meningkatkan hasil pertanian seperti beras, bawang, cabai dan kebutuhan pangan masyarakat lainnya untuk menekan inflasi," ujarnya.

Ia bilang, awal saya bertugas di Provinsi Kepulauan Babel, inflasi Babel mencapai 6,79 persen atau tertinggi di Indonesia dan dua bulan kemudian turun ke peringkat ketiga tertinggi nasional dan turun lagi ke 5,5 persen dan inflasi November 2022 inflasi Babel 5,65 persen atau peringkat 24 terendah nasional.

"Salah satu pemicu inflasi ini adalah beras yang mengalami inflasi 2,67 persen," ujarnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel aktif dan mendorong para petani mengembangkan pertanian berbasis teknologi untuk meningkatkan produksi padinya.

"Kami terus mendorong masyarakat untuk mengembangkan sektor pertanian dan perikanan ini untuk menekan inflasi di daerah ini," tandasnya.