Ketua DPRD: Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih PDAM di Surabaya Capai 99,06 Persen
Ilustrasi penyediaan air bersih dari PDAM. (Antara-Igoy S)

Bagikan:

JATIM - Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono menyatakan pemenuhan kebutuhan air bersih di wilayahnya telah mencapai 99,06 persen.

"Kini di era Pak Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya (Eri Cahyadi dan Pak Armuji), pemenuhan kebutuhan air bersih PDAM telah mencapai 99,06 persen. Ini persentase layanan PDAM kepada warga Surabaya," kata Adi dalam keterangan tertulisnya, Minggu 18 Desember, disitat Antara.

Menurut dia, pada tahun 2023 dengan APBD senilai Rp11,2 triliun, kebijakan pembangunan di Kota Surabaya diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan mendasar dari rakyat seperti perbaikan rumah tidak layak huni, pembangunan jamban bagi warga tidak mampu.

"Selain itu juga pemberian beasiswa bagi pelajar SMA/SMK, pengentasan kemiskinan dan pengangguran, mendorong pertumbuhan UMKM dan rumah-rumah padat karya, dan sebagainya," katanya.

Menurutnya, berbagai kebijakan publik di Kota Surabaya terus diarahkan untuk menangani problem masyarakat.

Hak itu, kata Adi, dilakukan sejak era pemerintahan Wali Kota Surabaya Bambang DH, dilanjutkan periode kepemimpinan Wali Kota Tri Rismaharini, dan kini Wali Kota Eri Cahyadi dan Wawali Armuji.

Sebelumnya, Adi juga menyempatkan diri memenuhi undangan tasyakuran atas selesainya pembangunan jaringan air bersih dari PDAM dari warga perkampungan Karangpoh, Tandes, Surabaya pada Sabtu 17 Desember malam.

Ketua RW 09 Karangpoh, Darkim mengatakan, pihaknya sudah bertahun-tahun agar jaringan air bersih PDAM bisa masuk di kampungnya. Bahkan, Darkim meminta Cak Awi saat itu agar ikut memperjuangankanya.

"Alhamdullilah, sekarang sudah terbangun. Kebutuhan air bersih warga telah terpenuhi. Kami ucapkan terima kasih," tandasnya.