Badai Salju di Korsel Bikin Puluhan Penerbangan Terpaksa Ditunda
Ilustrasi Salju di Gunung Hallasan, Jeju (Photo by Ji Seongkwang on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Salju lebat dan suhu yang membeku melanda seluruh Korsel pada Sabtu 18 Desember. Bahkan menghentikan puluhan penerbangan dan mendorong pihak berwenang untuk mengeluarkan peringatan cuaca.

Administrasi Meteorologi Korea (KMA) mengeluarkan peringatan salju lebat di pagi hari untuk Incheon, Daejeon, Gwangju, Sejong, Provinsi Chungcheong Selatan, Provinsi Jeolla Selatan, Provinsi Jeolla Utara, dan daerah pegunungan di Pulau Jeju, dikutip dari Yonhap News.

Kementerian dalam negeri juga menaikkan tingkat siaga bencana menjadi "hati-hati", tertinggi ketiga dalam sistem empat tingkat.

Badan cuaca mengeluarkan peringatan salju lebat pada Sabtu untuk Incheon, Daejeon, dan banyak bagian barat negara itu.

KMA memperkirakan 5 hingga 15 sentimeter salju akan turun di bagian barat provinsi Chungcheong Selatan dan Jeolla Utara dan Selatan pada Sabtu. Pulau Jeju dan wilayah pesisir provinsi Jeolla Utara dan Selatan diperkirakan akan menerima lebih dari 20 cm salju.

Incheon, bagian selatan Provinsi Gyeonggi dan Provinsi Chungcheong Utara akan melihat 1-5 cm salju, dan Seoul dan bagian utara Provinsi Gyeonggi akan mencapai 1 cm, kata KMA.

Negara itu juga dilanda gelombang dingin dengan suhu di pagi hari tercatat minus 8,4 C di Seoul, minus 7 C di Incheon, minus 6 C di Daejeon, dan nol C di Busan.

Tertinggi harian diperkirakan berkisar antara minus 5 C dan 5 C.