Subang Kini Punya Pura, Dirjen Bimas Hindu: Pancasila Bukan Sekadar Wacana
Foto via Kemenag

Bagikan:

JAKARTA - Kabupaten Subang, Jawa Barat, kini memiliki Pura Agung Astha Hannas. Pura Agung ini diresmikan Dirjen Bimas Hindu Kemenag I Nengah Duija ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Pura ini terletak di dalam komplek Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia Astha Hannas Jl. Raya Binong No. 65 Kec. Binong Kab. Subang Jawa barat.

Pembangunan tempat ibadah umat Hindu ini merupakan inisiatif Ketua Dewan Pembina Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia, Ermaya Suradinata.

"Saya memiliki cita-cita untuk membangun rumah ibadah bagi semua agama dan pemeluknya di Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia Astha Hannas, dan hari ini saya wujudkan. Ke depan saya harapkan dari Pura dan kampus ini akan lahir para pemimpin bangsa yang dengan teguh menjunjung nilai-nilai agama yang berdasarkan ideologi Pancasila," jelas Ermaya dilansir dari laman kementerian, Jumat 16 Desember.

Dirjen Bimas Hindu I Nengah Duija mengapresiasi langkah Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia Astha Hannas.

"Saya melihat praktik Pancasila itu ada di sini. Pancasila bukan lagi sebuah wacana melainkan sebuah praksis, hal sesuai dengan program prioritas Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu membangun moderasi beragama. Inilah yang menjadi keunggulan sekolah yang tidak ada di tempat lain," ujarnya.

"Terima kasih atas perhatiannya kepada siswa dan umat Hindu di kampus ini, saya juga memohon untuk diizinkan masyarakat umum agar bisa sembahyang di sini. Tentu kami juga berharap bahwa hubungan antara masyarakat dengan sekolah ini selalu baik dan harmonis," sambungnya.

Hadir dalam peresmian ini, Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya yang juga Sekretaris Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Dia mengatakan, Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, menempatkan agama sebagai pemersatu bangsa.

"Dan itu yang saya lihat dari kampus ini," sebutnya.

Hadir pula dalam acara peresmian ini, Ketua PSN Prov. Jawa Barat, dan seluruh keluarga besar Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia Astha Hannas.