1.500 Ikan Tropis Bergeleparan di Jalanan Berlin Ketika AquaDom Terbesar di Dunia Meledak
Photo by Sebastian Pena Lambarri on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Jalanan di sekitar Hotel Radisson Blu, Berlin begitu mengerikan. Lebih dari 1.500 ikan tropis bergeleparan di jalanan yang becek dibasahi jutaan liter air.

Sebuah akuarium raksasa berisi sejuta liter air yang ada di lobi Radisson Blu di Berlin meledak. Peristiwa ini membanjiri hotel dan jalan-jalan di sekitarnya. Dua orang terluka akibat pecahan kaca setelah ledakan.

"AquaDom" - rumah bagi 1.500 ikan tropis - tingginya 15,85m (52 ​​kaki) dan digambarkan sebagai akuarium silinder berdiri bebas terbesar di dunia.

Polisi mengatakan telah terjadi kerusakan yang luar biasa. Video menunjukkan tangki kosong dengan air mengalir ke lobi hotel.

Tamu telah dipindahkan dari hotel setelah kejadian pada pukul 05:50 (04:50 GMT).

Seorang juru bicara pemadam kebakaran Berlin mengatakan, sebagian besar ikan telah mati, dan cuaca dingin membuat upaya penyelamatan menjadi lebih sulit. Tangki itu berisi lebih dari 100 spesies berbeda.

Di luar Radisson Blu, tumpukan puing tergeletak di depan pintu depan, yang sekarang menggantung ke jalan - terpelintir miring oleh kekuatan tangki yang meledak.

Dikutip dari BBC, saksi mata Paul Maletzki yang tinggal di lantai empat mengaku terbangun oleh ledakan keras. Ketika dia melihat ke lobi, dia melihat air mengalir di atasnya. Mereka dan tamu lainnya kemudian dikawal keluar dari hotel oleh polisi bersenjata.

Wali Kota Berlin Franziska Giffey pergi ke hotel untuk melihat kerusakan. Dia menggambarkan ledakan tangki seperti tsunami.

Ada yang disyukuri Franziska Giffey ketika kejadian ini terjadi subuh. Soalnya, satu jam setelah ledakan, biasanya lobi serta jalan di luar akan sibuk dengan pengunjung, banyak dari mereka adalah anak-anak.

Akuarium ini dimodernisasi dua tahun lalu. Ada lift berdinding bening yang dibangun di dalamnya untuk digunakan oleh pengunjung. Beberapa kamar di hotel diiklankan memiliki pemandangan.

Brigade pemadam kebakaran Berlin mengatakan lebih dari 100 petugas pemadam kebakaran dikirim ke tempat kejadian dan tidak jelas apa penyebab kerusakan tersebut.

Dikatakan pihaknya menggunakan anjing penyelamat untuk memeriksa area di dalam hotel untuk mencari siapa saja yang berpotensi terluka, tanpa ada yang ditemukan.

Seorang sumber polisi mengatakan kepada tidak ada bukti bahwa ledakan hasil dari serangan yang ditargetkan. Namun ada spekulasi bahwa suhu beku - yang turun hingga -6C semalam - mungkin telah menyebabkan retakan pada tangki.