Hiu Paus Muncul di Pantai Ngrenehan Gunungkidul
HIU PAUS/ILUSTRASI FOTO/Twitter kkpgoid

Bagikan:

GUNUNGKIDUL - Hiu paus/ hiu totol muncul di tepi Pantai Ngrenehan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kemunculan hiu tutul ini terekam kamera handphone pemancing. 

“Benar muncul di Ngrenehan, hiu totol,” kata petugas BKSDA Bantul, Sugiyono dikonfirmasi VOI, Rabu, 21 Juli.

Hiu totol atau hiu paus ini muncul pada hari Sabtu, 17 Juli. Saat itu pemancing mencari ikan di tebing Biting. Rekaman hiu totol ini dibagikan di media sosial.

Menurut Sugiyono, kemunculan hiu totol pernah juga terjadi di Pantai Parangtritis. Namun saat itu hiu totol terdampar dalam keadaan mati. 

Dikutip dari situs Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut, hius paus, rhincodon typus adalah spesies ikan terbesar.

Hiu Paus termasuk dalam jenis ikan dilindungi dengan status Perlindungan Penuh menurut Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 Tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus, dengan status perlindungan penuh pada seluruh siklus hidup dan/atau bagian-bagian tubuhnya. Ikan Hiu Paus juga termasuk ke dalam daftar CITES Appendix II pada tahun 2003.

Hiu paus memiliki habitat pelagis yang berarti hiu paus lebih banyak menghabiskan waktu di permukaan atau kolom perairan (Colman, 2007). Ikan ini dapat dijumpai di perairan lepas hingga perairan pantai, bahkan kadang masuk ke daerah laguna di pulau atol.

Selain itu, hiu paus cenderung bersifat kosmopolitan. Menurut Colman (1997), sebaran hiu paus meliputi perairan tropis dan subtropis hangat (18-30o C) pada posisi di antara 30o N dan 30o S, kecuali di Laut Mediterrania