BPBD DKI Jakarta Sebut Jakpus Lebih Aman Bencana Dibanding Wilayah Lain di Jakarta
Ilustrasi tanah longsor/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji menyatakan, Jakarta Pusat menjadi salah satu wilayah di Jakarta yang aman dari bencana genangan banjir. Menurutnya, dalam kurun waktu 2 hingga 3 tahun, Jakarta Pusat tidak seperti wilayah lainnya yang selalu tergenang banjir.

"Tidak seperti selatan sering ada banjir atau genangan, selatan ini sering terjadi cuaca ekstrim. Dalam setengah jam ada 60 pohon tumbang, di (Jakarta) Pusat relatif aman. Kemudian di Jakarta Timur dan Jakarta Barat hujan besar pasti banjir atau genangan," kata Isnawa Adji kepada wartawan di Pemkot Jakarta Pusat, Selasa, 13 Desember.

Meski begitu, Pemkot Jakarta Pusat akan mengintruksikan Camat dan Lurah di wilayahnya agar lebih sigap dalam mengantisipasi bencana di wilayah.

Sekretaris Kota (Seko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, untuk lurah dan camat harus melakukan penguatan wilayah dan menyampaikan informasi kepada warga masyarakat yang mempunyai kepemahaman tentang kebencanaan dan penanggulangan bencana.

"Bersama unsur masyarakat mana pun supaya kita dapat melakukan pencegahan penanggulangan bencana," katanya.

Antisipasi bencana seperti banjir yang dilakukan salah satunya lewat gerebek lumpur di sejumlah saluran air. Sementara terkait tenda darurat saat terjadi bencana, lokasi pengungsian akan dibuat di tempat ibadah dan sekolah serta RPTRA.

Terkait