Terjebak Macet dan Jendela Mobil Terbuka, Peluang Bagi Pelaku Jambret Mencuri Barang Berharga
Tangkap layar aksi penjambretan di Gambir Jakpus

Bagikan:

JAKARTA – Pengguna mobil di Jalan Balikpapan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat menjadi korban jambret. Pelaku yang berjumlah dua orang dengan menggunakan motor, beraksi saat mobil korban berada di tengah kemacetan jalan. Sehingga hal tersebut menyulitkan korban untuk mengejar pelaku.

Detik-detik pencurian itu terekam kamera dashcam pengguna mobil lainnya yang tak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP). Rekaman video itu pun akhirnya viral di media sosial.

Saksi bernama Awaludin mengatakan, pelaku dua orang menggunakan satu motor matik berhenti di jalur busway. Pelaku yang duduk di belakang motor turun dan menghampiri korban dari arah belakang.

Saat itu, lanjut Awaludin, kaca mobil korban dalam posisi terbuka dan korban sedang memainkan handphone di balik kemudinya.

"Sayanya ngeri. Lalu saya ke pinggir (jalan), setelah ke pinggir korban berteriak jambret dari dalam mobil," kata Awaludin kepada wartawan, Kamis, 8 Desember.

Usai mendapatkan handphone milik korban, pelaku langsung melarikan diri dengan menggunakan motor di jalur busway.

"Dia berhenti di jalur busway berdua, iya keadaan macet panjang. Mobilnya banyak," ucapnya.

Kanit Reskrim Polsek Metro Gambir Kompol Andhika Aris Prasetya membenarkan adanya aksi penjambretan tersebut.

"Kita sudah terima dan melihat video jambret yang viral di media sosial. Kita sudah lakukan pendalaman dan penyidikan di TKP. Tapi kita masih menunggu korban membuat laporan," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis, 8 Desember.

Kompol Andhika mengatakan, kejadian serupa dan di lokasi yang sama juga pernah terjadi pada bulan Juni lalu.

"Tim kami melakukan pemantauan. Pelaku sudah teridentifikasi, ada dua orang menggunakan motor Nmax," katanya.

Andhika mengimbau, para pengendara mobil atau motor dalam kondisi apapun harus tetap waspada, apalagi saat kaca mobil dibuka. Karena, menurut Andhika, pada saat jendela mobil terbuka memancing pelaku kejahatan untuk mengambil barang berharga.