Jokowi Bakal <i>Ngunduh Mantu</i>, Ini Sosok Pak Kusir yang Membawa Kaesang dan Erina dengan Kereta Istimewa
Warsito dengan kuda yang akan membawa Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat acara Ngunduh Mantu di Mangkunegaran Surakarta/ Foto: Dok. Aiptu Warsito

Bagikan:

SURAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berencana menggelar acara Ngunduh Mantu pascapernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Resepsi Ngunduh Mantu akan digelar di Mangkunegaran Surakarta, Minggu, 11 Desember. Pihak terkait yang terlibat dalam acara tersebut mengaku sudah siap melaksanakan hajat tersebut, termasuk kusir kereta kuda yang akan membawa Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Siapa pak kusirnya?

Aiptu Warsito, Babhinkamtibmas di Polsek Kesugihan Polresta Cilacap yang ditunjuk oleh panitia sebagai kusir kereta kuda yang membawa Kaesang dan Erina. Warsito dipercaya menjadi kusir kereta kuda lantaran sederet pengalamannya menjadi kusir.

“Gladi bersih hari Sabtu (10 Desember), itu sudah final menjelang esok harinya (Minggu 11 Desember). Sudah disiapkan 10 kereta kuda. Khusus untuk Kaesang dan Erina, satu kereta dibawa oleh 6 kuda. Sedangkan kereta lainnya 2 kuda.” kata Warsito saat berbincang dengan VOI, Kamis pagi, 8 Desember.

Pak Babhin ini menjelaskan, start awal Kaesang dan Erina beserta keluarganya naik kereta dimulai dari Rumah Dinas Wali Kota Surakarta dengan titik akhir di Mangkunegaran.

“Dimulai dari Rumah Dinas Wali Kota Surakarta sampai Mangkunegaraan, jarak sekitar 2 kilo.” ujarnya.

Menilik latarbelakang pak Babhin yang menjadi kusir Kaesang dan Erina, ternyata Aiptu Warsito berpengalaman dengan kuda di Dusun Sojiwan, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Keluarga Warsito mempunyai kuda dan delman, jadi kebiasaan merawat kuda merupakan turunan dari orangtuanya. Bahkan Warsito sudah sering mengikuti event besar seperti Festival Keraton Nusantara di Yogyakarta, Festival Keraton Nusantara di Keraton Solo dan Cirebon, Kirab Jumenengan Dalem PB X dan pernikahan putra dalem PB X, dan masih banyak lagi.

“Dan beruntungnya kegiatan ini selalu didukung oleh Kapolresta Cilacap,” pungkas Warsito.

Meski banyak acara besar yang diikutinya, namun Warsito mengaku sempat kaget ketika panitia datang dan memilihnya untuk menjadi kusir Kaesang dan Erina dalam acara Ngunduh Mantu nanti.

“ya sempat kaget aja, manusiawi ya. Tapi ya memang sudah biasa untuk kirab dan acara dimana-mana.” pungkasnya.